Rasulullah Juga Cinta Lingkungan

Pemanasan global sudah membawa begitu banyak dampak buruk bagi lingkungan kita. Perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu menjadi penyebab banyaknya musibah yang melanda bumi. Banyak bencana banjir dan kebakaran hutan yang terjadi di mana-mana.

Kelaparan dan wabah penyakit juga semakin meningkat akibat dari perubahan musim yang tidak teratur. Aktivitas manusia modern ditengarai sebagai faktor yang mempunyai pengaruh besar dalam pemanasan global.

Pembangunan pabrik di mana-mana, penggunaan alat transportasi dan penggunaan limbah dapur yang berlebihan ternyata mempengaruhi keseimbangan alam. Akibatnya terjadi banyak bencana karena ulah manusia sendiri. Penyelamatan lingkungan adalah hal yang harus kita utamakan saat ini.

Menjauhi Perbuatan yang Mencemari Lingkungan

Bahkan Rasulullah SAW telah mencontohkan berbagai perbuatan untuk mencintai lingkungan. Beliau percaya bahwa manusia dan lingkungan mempunyai hubungan yang erat. Berikut ini beberapa review singkat tentang perbuatan cinta lingkungan yang dicontohkan oleh Baginda Rasulullah SAW.

Yang pertama adalah melarang pencemaran lingkungan. Ada hadist yang diriwayatkan oleh HR Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah yang mengatakan bahwa Rasulullah menyuruh kita untuk menjauhi berbagai perbuatan yang bisa merusak lingkungan, seperti buang kotoran di sumber air, pinggir jalan dan bawah pohon.

Realitanya sekarang, masih banyak masyarakat yang menggunakan sungai sebagai tempat pembuangan limbah rumah tangga. Begitu juga dengan pabrik yang mengalirkan limbahnya tanpa disaring terlebih dahulu ke sungai. Tak heran jika banyak terjadi bencana alam karena hal ini.

Menghilangkan Bahaya di Jalan

Prinsip kedua yang dicontohkan Rasulullah SAW untuk mencintai lingkungan adalah menghilangkan segala bahaya yang ada di jalan. Bahkan beliau melarang kita untuk duduk-duduk di pinggir jalan. Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh HR Bukhari dan Muslim mengatakan hal tersebut.

Ada seorang sahabat yang bertanya apa yang harus dilakukan jika terpaksa duduk dan mengobrol. Rasulullah menjawab bahwa kita harus melaksanakan hak jalan, yaitu menundukan pandangan, menjauhkan bahaya, menjawab salam dan amar makruf nahi mungkar.

Rasulullah SAW adalah sosok yang amat menghargai lingkungan. Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh HR Muslim, Ahmad dan Ibnu Majah menyebutkan bahwa salah satu amal kebaikan yang dilakukan umatnya diantaranya adalah menghilangkan bahaya dari jalanan.

Sedangkan salah satu amal keburukan adalah membuang ingus di masjid dan tidak dibersihkan. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan amalan yang baik. Contohnya adalah apabila kita melihat paku atau benda tajam yang ada di jalan, kita segera memungut dan membuangnya di tempat sampah.

Begitu juga jika terdapat sampah yang berada di jalan. Kita harus membuangnya di tempat sampah. Kita tidak boleh ikut berperan menjadi sosok yang membuang sampah di lingkungan kita. Hal ini akan membawa keburukan bagi diri sendiri dan orang lain.

Penghematan Energi

Rasulullah juga mengajarkan kita untuk tidak boros dan melakukan penghematan energi. Pernah pada suatu hari, Rasulullah menjumpai sahabatnya yang bernama Sa’ad. Saat itu Sa’ad sedang berwudhu dan menggunakan air yang cukup banyak. Rasulullah segera menegur sahabatnya dan bertanya mengapa dia boros air?

Rasulullah menjelaskan bahwa kita tidak boleh boros terhadap penggunaan energi sekecil apapun. Ini adalah contoh yang sangat bagus yang diajarkan oleh Rasulullah agar kita mau lebih menghargai lingkungan.

Matikan lampu di pagi dan siang hari atau saat tidak dibutuhkan. Jika ada seribu orang yang melakukan hal yang sama, akan ada begitu banyak penghematan yang bisa dilakukan dari sebuah lampu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s