Pemanasan Global dan Upaya Pencegahannya

Banyak ilmuwan yang telah memprediksikan bahwa pemanasan global akan menyebabkan pemanasan suhu di bumi semakin meningkat. Ternyata prediksi dari para ilmuwan ini tepat.

Berdasarkan beberapa riset dan pengamatan yang dilakukan secara berkala mendapatkan kesimpulan bahwa suhu rata-rata permukaan bumi semakin mengalami peningkatan yang signifikan, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

Banyak faktor yang diduga memiliki andil dalam peningkatan suhu bumi ini. Faktor terbesar penyebab pemanasan global merupakan hasil dari aktivitas manusia modern. Sekarang, manusia hidup di jaman serba modern dan praktis.

Hampir semua hal bisa didapat dengan mudah dan cepat, teknologi informasi dan pengetahuan berkembang semakin cepat. Namun, ternyata efek yang harus ditanggung oleh bumi juga tidak ringan. Semua fasilitas modern itu lama kelamaan semakin membawa pengaruh buruk bagi lingkungan.

Dampak Pemanasan Global

Peningkatan suhu bumi ini menimbulkan berbagai akibat yang berpengaruh buruk terhadap kesimbangan alam dan lingkungan. Contohnya adalah jadwal perubahan cuaca yang tidak menentu. Dulu, musim kemarau dan hujan di Indonesia selalu datang tepat waktu.

Namun, sekarang sering kali musim hujan masih berlangsung padahal sudah masuk bulan musim kemarau, begitu juga sebaliknya. Hal ini menyebabkan terjadinya kemarau panjang. Bahkan bisa memicu terjadinya kebakaran hutan.

Kemarau panjang ini akan menyebabkan banyak persawahan dan perkebunan mengalami gagal panen karena datangnya hujan yang sulit diprediksikan. Akibatnya, jumlah kuota makanan untuk manusia dan hewan menjadi berkurang. Kelaparan melanda banyak orang.

Selain itu, masih banyak lagi efek yang mempengaruhi aktivitas masyarakat. Kemarau panjang mengakibatkan lahan pertanian yang digunakan untuk berkebun menjadi berkurang.

Kelaparan di mana-mana akan memunculkan dampak baru berupa peningkatan wabah penyakit. Banyak pula penduduk yang terpaksa mengungsi karena kondisi lingkungan di daerahnya sudah tidak kondusif sebagai tempat hidup.

Hal-hal yang memicu munculnya pemanasan global diantaranya adalah meningkatnya pabrik-pabrik industri dan transportasi di masyarakat. Banyaknya pabrik akan meningkatkan jumlah polusi yang bisa mencemari lingkungan. Arus kendaraan di jalan yang semakin meningkat tiap tahun juga menambah beban bagi udara dan atmosfer bumi.

Upaya Pencegahan

Pemanasan global yang melanda seluruh bumi berdampak pada mencairnya gunung es di bumi belahan Utara. Pencairan ini menyebabkan tinggi air laut juga ikut naik. Akibatnya banjir terjadi di mana-mana. Berbagai badai dan kebakaran hutan juga tak luput melanda berbagai kawasan di penjuru bumi.

Karena pemanasan global didominasi oleh peran manusia, maka manusia sendiri lah yang mampu untuk mencegah terjadinya pemanasan global lebih lanjut.

Sekarang sudah banyak kelompok-kelompok yang mengatasnamakan dirinya sebagai kelompok go green yang bertujuan ingin menyelamatkan lingkungan. Banyak negara yang mengadakan diskusi dan rapat internasional untuk mengurangi dampak pemanasan global yang semakin menggila.

Yang bisa kita lakukan untuk ikut berperan dalam penyelamatan lingkungan adalah dengan ikut gerakan penanaman pohon. Kita bisa memanfaatkan lahan-lahan kosong di sekitar kita untuk ditanami berbagai tumbuhan yang bermanfaat.

Tumbuhan ini nantinya akan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida sehingga berfungsi untuk menyeimbangkan udara yang berguna bagi bumi. Selain itu, kita juga bisa mengurangi berpergian menggunakan kendaraan bermotor.

Manfaaatkan kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda untuk pergi ke sekolah atau ke kantor. Banyak kota di beberapa negara yang sudah menerapkan program bike to work. Ini adalah program yang sederhana namun berarti banyak bagi keselamatan lingkungan.

Jika kita ingin berpergian jauh, kita bisa menggunakan kendaraan umum daripada memakai kendaraan pribadi kita masing-masing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s