Peduli Lingkungan Peduli Diri Sendiri

Bagi sebagian orang kebersihan lingkungan menjadi prioritas, namun tidak bagi sebagian orang lainnya. Bisa kita bayangkan bagaimana jadinya apabila semakin banyak orang yang tidak peduli terhadap kebersihan lingkungannya sendiri.

Berbagai jenis penyakit tentu saja mengintai kita setiap saat, belum lagi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang siap menerjang kita. Kebanyakan orang saat ini menyerahkan tanggung jawab pribadinya kepada pihak lain seperti petugas kebersihan.

Ya, petugas kebersihan dianggap yang paling bertanggung-jawab atas kebersihan lingkungan. Tidak jarang banyak orang yang membuang sampah sembarangan dan berpikir bahwa sampah yang ia buang pasti akan dibersihkan oleh petugas kebersihan.

Orang-orang yang tidak peduli cenderung membela diri seperti mengatakan “Itu kan tugas mereka, mereka dibayar untuk itu kok!”. Bila banyak orang mulai bersikap seperti ini lalu bagaimana nasib lingkungan kita kedepan? Mari kita lihat dua cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan.

Berpikir Kemudian Bertindak

Berpikir dan bertindak merupakan dua syarat yang saling berhubungan. Tidak perlu terlalu berlebihan dalam berpikir, misalnya berpikir bagaimana agar daerah anda tahun depan tidak terkena dampak banjir setiap musim hujan tiba.

Banjir yang menimpa suatu daerah dengan jangka waktu yang rutin setiap tahunnya tentu saja memiliki penanganan yang lebih kompleks. Berpikir disini adalah memulai suatu pemikiran yang sederhana, namun membangkitkan semangat kita untuk bertindak. Pemikiran sederhana disini adalah peduli terhadap diri anda sendiri.

Bagaimana anda dapat peduli terhadap kebersihan lingkungan sementara anda tidak peduli terhadap diri sendiri?

Pedulilah terhadap kebersihan diri anda, kesehatan, kerapihan, dan peduli terhadap kebutuhan-kebutuhan diri yang mendasar.

Apabila anda peduli terhadap hal-hal tersebut, anda pasti merasa tidak nyaman bila sampah menumpuk di rumah anda bukan?

Atau banyak hewan melata di kamar mandi anda?

Atau rumah anda menjadi sarang debu?

Tentu saja anda akan membenci segala hal yang berpotensi mengganggu kesehatan tubuh anda bila anda peduli terhadap diri sendiri.

Setelah anda berpikir bahwa ada ancaman terhadap kesehatan anda apabila tidak membersihkan rumah, lalu apa yang akan anda lakukan? Ya, tepat sekali anda akan mulai bertindak untuk membersihkan rumah anda.

Anda akan membuang sampah ke tempat sampah (tentu saja bukan membuang sampah dengan sembarangan), membersihkan setiap sudut rumah anda, membersihkan pekarangan rumah, saluran air, dan sebagainya. Itu semua anda lakukan untuk menjaga kebersihan diri, kesehatan, kerapihan, karena anda peduli terhadap diri sendiri.

Peduli Terhadap Masa Depan Orang-Orang yang Anda Cintai

Apabila anda mencintai seseorang tentu anda akan peduli terhadapnya bukan?

Anda tentu saja akan siap melakukan segala sesuatu demi orang yang anda cintai. Siapa saja orang yang anda cintai?

Orang tua anda, saudara-saudar anda, suami/istri, anak-anak, sahabat, dan lainnya. Anda pasti merasa sedih apabila salah satu orang yang anda cintai terkena demam berdarah karena anda menumpuk sampah di rumah.

Mencintai orang lain akan membuat anda ingin menjaga mereka. Bayangkan apabila setiap orang di kompleks rumah anda peduli pada diri sendiri dan mencintai orang lain, tentu lingkungan kompleks perumahan anda menjadi bersih.

Bayangkan setiap orang di kota anda peduli terhadap diri sendiri dan setidaknya mencintai satu orang saja. Lalu bayangkan setiap orang peduli pada diri sendiri dan setidaknya mencintai satu orang saja, tentu Indonesia akan menjadi lebih baik bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s