Mengatasi Isu Lingkungan

Era teknologi informasi mempersembahkan begitu banyak hal bagi banyak orang di seluruh belahan dunia. Manfaat yang dipetik tentunya semakin cepat dan mudahnya informasi diperoleh, hal ini mendorong semakin teredukasinya masyarakat dunia yang memanfaatkan jasa aplikasi internet setiap saat di mana saja.

Di dunia cyber, orang-orang bisa mendapatkan banyak pengetahuan, serta isu yang sedang disorot serta menjadi topik terkini. Tidak bisa dielakkan bahwa salah satu topik terpanas sekarang ini adalah isu lingkungan. Isu lingkungan kian mencuat karena kondisi Bumi yang kian mengkhawatirkan, serta, perilaku manusia yang semakin memprihatinkan terhadap lingkungan alam.

Cara Sederhana Mengatasi Pemanasan Global

Pemanasan Global menjadi salah satu isu hangat yang kian santer dibicarakan—baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Pemanasan global—sebagaimana yang dipahami secara komprehensif melalui berbagai wacana dan praktik pendidikan mengenainya—adalah kondisi meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer.

Banyak dampak dari pemanasan global, di antaranya adalah banjir dan kebakaran hutan yang sulit dipadamkan hingga menimbulkan kabut asap yang sulit ditanggulangi — serta menimbulkan keresahan masyarakat luas karena dampaknya pada kesehatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Maka bisa disimpulkan bahwa pemanasan global pada hakikatnya juga akibat tingkah bandel manusia yang hanya memikirkan diri sendiri. Lantas, inilah saatnya untuk membalas budi pada Bumi, dan bila memiliki kemauan kuat, memelihara lingkungan bisa dilakukan melalui cara yang mudah.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai, dan tidak ada kata “hanya tindakan kecil” atau “remeh-temeh”, untuk mengawali gerakan hijau menyelamatkan dunia melalui sikap peduli lingkungan.

Kerja bakti membersihkan lingkungan di zaman individualis ini, memang akan semakin sulit. Gotong royong yang sejak ribuan tahun lalu diterapkan di Indonesia semakin luntur digerus berbagai aplikasi jejaring sosial di dunia maya. Namun bagaimanapun, kerja bakti membersihkan lingkungan merupakan salah satu solusi jangka panjang untuk mengatasi banjir.

Cara sederhana lain adalah dengan tidak sembarangan memakai tisu, tukar penggunaan tisu dengan sapu tangan. Memanfaatkan sapu tangan sekadar untuk membuang ingus, menyeka keringat, membersihkan bibir sehabis makan maupun minum, dan sebagainya alih-alih memakai berlembar-lembar tisu, tentu bisa menjadi tindakan nyata untuk membantu menjaga Bumi tempat manusia berteduh — walaupun tindakan seperti ini mungkin dianggap sepele oleh kebanyakan orang.

Mengurangi pemakaian benda-benda yang terbuat dari plastik, misalnya kantong plastik. Membawa tas kain atau tas plastik sendiri di saat berbelanja cukup membantu penggunaan benda berbahan plastik yang merupakan sampah nonorganik yang notabene sulit diurai oleh tanah.

Cara Mengatasi Pemanasan Global di Level Berikutnya

Cara-cara lain untuk mendukung gerakan peduli lingkungan di level berikutnya ialah dengan mendaur ulang sampah rumah tangga dan limbah industri. Terobosan terbaru dan kreatif sedang dikembangkan oleh para seniman dengan memanfaatkan barang bekas atau sampah untuk dijadikan benda seni dengan nilai artistik tinggi dan bisa dijual kembali kepada para pencinta seni.

Cara lainnya, dengan tidak sembarangan mendirikan bangunan. Semakin banyak gedung, maka semakin menggerus lahan serapan air. Di sisi lain, semakin banyak gedung, semakin banyak pendingin atau pemanas ruangan yang ditengarai dipakai di gedung-gedung tersebut.

Semakin banyak gedung, semakin banyak penghuni, semakin banyak yang berkemungkinan tidak memiliki kesadaran membuang sampah di tempatnya, atau bisa saja koordinator pengumpul dan pembuangan sampahnya yang lalai dan tidak mau tahu dengan membuang sampah secara seenaknya.

Di kalangan nelayan — terutama yang masih bandel — perlu diberi pengarahan untuk tidak menangkap ikan memakai bom ikan dan racun ikan yang populer dengan sebutan “potas” di kalangan nelayan Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s