Melalui hutan, mari kita selamatkan lingkungan dan bumi kita!

Menjaga hutan berarti menjaga lingkungan

Pentingnya menjaga lingkungan sangat diperlukan sebagai upaya untuk menyelamatkan kita semua dari bencana. Kita semua sudah tau bahwa masalah yang terjadi pada lingkungan adalah akibat dari ulah kita sendiri.

Sebagian dari kita belum sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Di beberapa negara berkembang yang banyak memiliki sumber daya alam yang kaya, semuanya itu sudah habis tereksploitasi dan kurang dimanfaatkan secara keseluruhan. Contoh paling mudah dan paling nyata adalah mengenai eksploitasi hutan secara besar-besaran.

Menurut Wikipedia, hutan adalah sebuah kawasan yang terdiri dari berbagai macam pepohonan dan tumbuhan yang saling berhubungan dengan ekosistem dalam ekologi.

Hutan memiliki fungsi dan manfaat yang banyak dan vital diantaranya sebagai penghasil oksigen yang digunakan manusia untuk bernafas, fungsi hidrologi, tempat kelangsungan hidup hewan dan sebagai media untuk pelestarian tanah.

Sebagai negara yang memiliki iklim tropis atau panas, Indonesia memiliki kawasan hutan terluas diantara negara-negara di benua Asia. Maka dari itulah, kelangsungan hidup umat manusia sedunia bergantung pada keadaan hutan yang ada di negara kita.

Mengingat fungsi dan manfaat hutan yang vital itulah sudah sewajarnya kita warga negara saling bekerjasama untuk melestarikan hutan. Namun yang terjadi malah sebaliknya. Hutan dikawasan pulau Sumatra dan Kalimantan banyak yang ditebang dan dialih fungsikan untuk lahan perkebunan maupun lahan tempat tinggal.

Sungguh ironis memang,namun inilah realita yang terjadi. Maka tidak heran apabila sekarang banyak bencana alam yang terjadi seperti banjir dan tanah longsor.

Taukah kalian mengapa banjir dan tanah longsor terjadi?

Ya, ini dikarenakan pepohonan yang ada dihutan sudah tidak ada.

Jika pohon tadi tidak ada maka siapa yang akan menyerap air bila hujan tiba?

Untuk itu mari kita segera melakukan upaya pelestarian hutan secepatnya. Hutan merupakan bagian dari lingkungan kita yang sudah sepantasnya kita jaga bersama-sama. Jika ingin negara kita bebas dari banjir dan tanah longsor mari kita melakukan upaya pelestarian hutan!

Upaya pelestarian hutan dan lingkungan

Pada penjelasan diatas, kita tentunya sudah jelas mengenai pengertian hutan, fungsi dan manfaat hutan serta pentingnya menjaga hutan. Pada pembahasan kali ini, akan dibahas mengenai bagaimana upaya untuk melestarikan hutan sebagai bagian dari lingkungan. Mari kita bahas.

Upaya terbesar dan paling mudah dilakukan adalah dengan melakukan penghijauan kembali hutan atau biasa disebut reboisasi. Mengapa dikatakan upaya terbesar dan paling mudah?

Reboisasi adalah upaya paling besar karena membutuhkan kerjasama dari semua orang. Dikatakan paling mudah karena setiap orang hanya dianjurkan untuk menanam paling tidak satu pohon saja.

Bayangkan jika semua orang yang ada di negara kita menanam satu pohon saja. Jumlah penduduk Indonesia ada sekitar 330 juta orang. Apabila dikalikan satu pohon maka sudah ada 330 juta pohon yang ditanam. Tentu efeknya tidak langsung terasa, namun paling tidak upaya ini dapat berlangsung paling tidak setahun. Lama kelamaan efeknya akan terasa.

Setelah kita melakukan penghijauan hutan kembali, hal yang perlu dilakukan adalah menjaga lingkungan sekitar kita. Lingkungan adalah gabungan antara sumber daya alam dengan manusia serta bagaimana interaksi antara keduanya.

Jadi menjaga hutan termasuk menjaga lingkungan karena hutan adalah bagian dari lingkungan. Upaya menjaga lingkungan yang paling kecil adalah dengan rajin membersihkan, merawat dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

Jadi ayo lakukan mulai dari sekarang! Mulailah dari anda dan keluarga. Setelah itu menyebar ke tetangga anda. Niat dan upaya yang baik akan mendapat berkah dan jalan yang baik. Jika bukan kita yang selamatkan hutan dan lingkungan maka siapa lagi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s