Mari menjaga lingkungan demi masa depan yang lebih baik!

Pentingnya menjaga lingkungan

Menjaga lingkungan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan. Apa pengertian dari kebersihan? Kebersihan adalah suatu keadaan dimana bebas dari segala macam kotoran yang meliputi debu, bau, sampah, bakteri dan kuman.

Masalah kebersihan adalah masalah yang kompleks karena menyangkut orang banyak dan dampaknya terasa ke semua lapisan masyarakat. Setiap tahun, masalah kebersihan selalu meningkat dan sepertinya makin parah saja.

Masalah kebersihan sendiri sebenarnya terjadi karena kurang sadar dan tidak disiplinnya masyarakat mengenai perilaku hidup bersih. Contoh nyatanya adalah mengenai perilaku membuang sampah pada tempatnya.

Sampah yang tidak dibuang pada tempatnya tentu akan merugikan tidak hanya bagi orang yang membuang bahkan semua orang. Perilaku buang sampah tidak pada tempatnya biasa kita temui di jalan bahkan di kondisi perumahan yang kumuh seperti dekat arus sungai.

Masyarakat yang tinggal di sekitar sungai, mereka cenderung akan membuang sampah ke sungai sehingga lama kelamaan akan membuat sungai menjadi dangkal dan tersumbat.

Bila terjadi terus-menerus maka akan membahayakan karena berpotensi banjir jika musim hujan tiba seperti sekarang. Jika banjir terjadi, maka penyakit penyerta akan hinggap seperti cacingan, demam dan diare. Jika sudah seperti ini siapa yang mau disalahkan?

Menjaga kebersihan lingkungan saja dirasa kurang efektif apabila dari dirinya sendiri saja kesadaran akan perilaku hidup bersih belum ada. Pentingnya menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan membudayakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan dan minum, mencuci peralatan makan dengan air bersih.

Karena akses untuk memperoleh air bersih dirasa kurang, maka banyak warga yang belum menggunakan air bersih sehingga angka kejadian masalah kebersihan tetap meningkat.

Derajat status kesehatan suatu masyarakat sangat bergantung tentang bagaimana perilaku kesehatan masyarakat itu sendiri. Melalui upaya menjaga kebersihan lingkungan diharapkan status kesehatan masyarakat juga meningkat menjadi baik.

Alangkah senangnya apabila masyarakat kita banyak yang sehat. Jika banyak yang sehat, maka produktivitas dalam bekerja juga meningkat jadi tingkat kesejahteraan masyarakat akan meningkat pula.

Gerakan sadar lingkungan

Agar status kesehatan dan kesejahteraan meningkat, masyarakat perlu menerapkan gerakan sadar lingkungan. Diharapkan dengan adanya gerakan ini pemerintah dan masyarakat mampu untuk bekerjasama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gerakan sadar lingkungan dapat dilakukan diberbagai tempat. Kita ambil contoh tempat yang biasa digunakan sehari-hari seperti rumah dan kantor.

Gerakan sadar lingkungan dirumah

Ada beberapa upaya diantaranya:

  1. Buatlah sistem pembuangan sampah dengan cara membedakan tong sampah yang berisi sampah organik dan anorganik.
  2. Gunakan air bersih seperlunya saja. Penghematan air perlu diperhatikan agar tidak terbuang percuma.
  3. Selain air, listrik juga perlu dihemat.
  4. Manfaatkan sampah anorganik seperti dengan membuat karya seni yang bernilai jual tinggi.
  5. Banyak menanam tumbuhan disekitar halaman rumah. Anda dapat memberdayakan pekarang yang kosong dengan menanaminya pepohonan.

Gerakan sadar lingkungan di kantor

Selain dirumah, anda juga perlu melakukan upaya sadar lingkungan ditempat anda bekerja. Diantaranya:

  1. Berhematlah dalam penggunaan kertas. Tahukan anda, apabila kertas dibuat dari bubur kayu yang diperoleh melalui pohon yang ditebang? Maka, hematlah kertas sehingga makin sedikit pohon yang ditebangi! Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan kertas secara bolak-balik.
  2. Pengelolaan sampah di lingkungan kantor perlu untuk mendaur ulang kertas bekas.
  3. Tidak merokok disembarang tempat.
  4. Anda juga dapat mengusulkan kepada atasan anda untuk menanami pepohonan di halaman kantor yang sekiranya tidak terpakai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s