Maraknya Pencemaran Lingkungan Hidup

Sebab dan Akibat Pencemaran Lingkungan Secara Umum

Lingkungan hidup yang sehat dan asri adalah harapan setiap manusia di bumi tetapi keberadaan lingkungan hidup yang sehat dan asri terganggu karena pencemaran lingkungan hidup yang semakin marak.

Pencemaran lingkungan hidup bisa terjadi pada lingkungan air, tanah maupun udara. Pencemaran lingkungan terjadi karena ulah manusia atapun peristiwa alam. Akan tetapi, pada saat ini kebanyakan pencemaran lingkungan hidup terjadi karena ulah manusia.

Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lngkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya (UU Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982, Bab 1 (Ketentuan Umum) pasal 1, butir 7).

Pencemaran air misalnya terjadi karena limbah industri, limbah rumah tangga, limbah pertanian maupun peritiswa alam seperti bencana alam gunung meletus, tsunami, banjir yang berakibat buruk diantaranya timbulnya penyakit karena air yang tercemar, misal muntaber, penyakit kulit dll, kurangnya kandungan oksigen di dalam air mengakibatkan organisme air menjadi terganggu hidupnya, banyak biota air yang akan punah (penyu, udang, ikan, dll), sampah yang dibuang sembarangan dapat membuat sungai dangkal sehingga mengakibatkan banjir, dll.

Tanda-tanda terjadinya pencemaran tanah dapat terlihat dari kualitas tanah yang menurun yang disebabkan oleh banyaknya polutan (zat kimia, panas, radiasi, suara, mikro organisme, dan debu) yang masuk ke dalam tanah.

Akibatnya yaitu timbulnya sakit kepala, Leukimia, gangguan saraf, penyakit mata dan kulit, kerusakan hati dan ginjal.

Pencemaran tanah juga bisa mengganggu keseimbangan ekosistem yang mengakibatkan kepunahan pada spesies primer dari rantai makanan dan dapat membuat genetika manusia berubah.

Terjadinya pencemaran udara lebih banyak disebabkan oleh asap-asap buangan, seperti CO (karbon monoksida), CFC (khloro fluoro karbon), SO, SO2 (gas belerang oksida), asap rokok, dan CO2 (Karbon dioksida).

Keseluruhan asap-asap buangan tersebut berasal dari aktivitas manusia seperti merokok, asap kendaraan, penggunaan AC karena AC memakai freon (CFC).

Akibatnya mulai dari penyakit gangguan pernapasan, banyak bangunan dan barang yang terbuat dari logam mudah berkarat, hujan asam karena oksida nitrogen yang jumlahnya diambang batas, sampai dengan menipisnya lapisan ozon dan perubahan iklim yang ekstrim.

Solusi Penanganan Pencemaran Lingkungan Hidup

Penanganan pencemaran lingkungan hidup memerlukan peran ikut serta dari pemerintah, pihak swasta selaku pelaku bisnis dan masyarakat.

Peran pemerintah diantaranya yaitu menerapkan peraturan perlindungan lingkungan hidup secara tegas, mengembangkan dan memajukan program pembangunan berkelanjutan sehingga pembangunan berkembang serasi dengan lingkungan hidup, mengadakan banyak sosialisasi dan gerakan cinta lingkungan hidup.

Pihak swasta sebagai pelaku usaha dalam menjalankan dan mendirikan usahanya harus memperhatikan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) sehingga terdapat sanitasi terhadap lingkungan sekitar, perusahaan atau pabrik dalam mengelola limbah menggunakan teknologi ramah lingkungan dan membangun unit untuk pengolahan limbah industri.

Sedangkan peran masyarakat adalah mendukung dan ikut berperan dalam program perlindungan lingkungan hidup baik dari pihak pemerintah maupun pihak swasta.

Peran serta masyarakat bisa dimulai dari hal yang paling sederhana yaitu membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan barang yang bisa menjadi sampah anorganik, mengurangi penggunaan AC, kendaraan pribadi, melakukan penghijauan di sekitar lingkungan, dll.

Jika pemerintah, pihak swasta dan masyarakat saling mendukung dan bekerjasama dalam penanganan pencemaran lingkungan hidup niscaya lingkungan hidup akan semakin asri, sehat dan membawa dampak positif bagi semua pihak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s