Langkah Mudah Mendukung Gerakan Hijau

Membutuhkan kesadaran diri yang sangat tinggi bahwa manusia tidak hidup sendirian di dunia ini, dan yang terpenting adalah, bahwa semua makhluk hidup — di mana manusia termasuk di dalamnya — mendiami Bumi sebagai tempat hunian dan tempat bernaung.

Siklus manusia yang lahir, hidup, dan lantas mati, memperjelas kenyataan tentang status bahwa manusia hanyalah “menumpang” hidup di Bumi ini, kalau tidak mau disebut “mengontrak” atau “menyewa”. Padahal, polah manusia bisa dianggap tidak berterima kasih pada tempat yang selama ini dijadikannya rumah di mana ia berlindung dan berpijak.

Sementara, mana ada di sejagat ini induk semang yang tidak marah bila orang yang menyewa rumah atau kamarnya merusak tempat yang sekadar disewanya. Selain Bumi, tidak mungkin ada yang sesabar itu. Bumi sudah sangat sabar karena tidak mengumbar angkara murka setiap hari atau bahkan setiap saat.

Selama ribuan tahun, Bumi hanya diam saja ketika lahan miliknya — yang notabene menjadi tempat manusia berteduh dari panas dan hujan — diusik. Sesekali saja ia memamerkan amarah, itupun bukan dalam bentuk yang begitu membabi buta.

Letusan gunung berapi yang begitu dahsyat hanya terjadi beberapa kali dalam sekian ratus tahun, banjir bandang yang membuat peradaban manusia rusak parah hanya ada beberapa kali dalam sekian puluh tahun, kebakaran hutan hanya beberapa kali muncul dalam sekian belas bulan, itu juga karena ulah sewenang-wenang manusia sendiri yang tidak sanggup diterima lagi.

Pemanasan Global

Isu yang tengah disoroti kali ini karena memberikan pengaruh pada berbagai bidang kehidupan adalah pemanasan global. Pemanasan global mengakibatkan cuaca ekstrim, melelehnya es di kutub, sehingga bermuara pada terjadinya banjir, kekeringan, sekaligus kebakaran yang terjadi di banyak wilayah di seantero jagat akhir-akhir ini yang frekuensinya semakin sering.

Pemanasan global pada intinya terjadi karena bertambahnya pemakaian mesin dan peralatan yang memerlukan pembakaran bahan bakar serta dampak dari pembakaran tersebut. Jadi, tidak perlu lagi ada sanggahan bahwa memakai pendingin ruangan tidak ada kaitannya dengan pemanasan global, apalagi bila berpikir bahwa itu tidak ada hubungannya dengan banjir dan kebakaran.

Semua ini akan menjadi karma karena bila manusia bersedia merenungkan “the big picture” alias gambaran besarnya, akan memahami bahwa penggunaan semprotan rambut secara berlebihan merupakan pemicu menipisnya lapisan ozon yang lagi-lagi, menyebabkan pemanasan global yang pada akhirnya merugikan manusia juga.

Langkah Mudah Peduli Lingkungan

Lebih mengutamakan urusan perut tidak lagi menjadi dalih dan pembenaran diri yang bisa diterima untuk mengabaikan permasalahan lingkungan.

Padahal, tindakan yang sangat mudah untuk menjaga kelestarian lingkungan pun bisa dilakukan di lingkungan rumah atau tempat kerja. Tindakan mudah turut menjaga Bumi misalnya saja mematikan lampu, televisi, komputer, atau peralatan elektronik lainnya bila tidak dipergunakan. Hal ini bisa berarti menggunakan pendingin atau pemanas ruangan seperlunya.

Bila merasa bahwa menanam pohon atau mendaur ulang sampah terlalu sulit untuk dilakukan karena membutuhkan keterampilan khusus, maka langkah-langkah tersebut bisa dilaksanakan untuk menyikapi isu lingkungan yang semakin harus diperhatikan.

Isu pembuangan sampah juga menjadi polemik tersendiri yang makin ruwet di negara berkembang seperti di Indonesia. Bahkan seorang pemimpin yang sejatinya patut memberikan teladan bagi warganya justru memberikan contoh yang tidak tepat, serta malah lebih parah, mengajak dan menginstrusikan untuk membuang sampah di sungai.

Perlu pemahaman bahwa ketua RT yang mengajak warganya untuk membuang sampah di sungai dan justru menyalahkan warga yang tidak bersedia membuang sampah sesuai instruksi diiringi si warga melontarkan seruan protes tersebut adalah pemimpin semestinya tidak patut disegani.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s