Kebakaran hutan dan Penanganannya

Kebakaran hutan merupakan suatu bencana massive yang akan berdampak tidak hanya pada lingkungan tempat terjadinya kebakaran hutan, tetapi juga akan berdampak pada lingkungan yang berjarak ratusan kilometer dari titik lokasi kebakaran hutan.

Kejadian seperti ini merupakan salah satu penyebab kerusakan ekosistem hutan yang paling besar. Kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran hutan bersifat sangat merugikan, baik di negara yang mengalami kebakaran hutan dan juga negara-negara tetangga.

Selain itu, perbaikan yang dilakukan untuk mengatasi akibat dari kebakaran hutan juga akan membutuhkan dana yang tidak sedikit dan juga waktu yang tidak sebentar.

Untuk mengembalikan hutan yang telah terbakar menjadi hutan yang rimbun kembali, diperlukan usaha bersama yang tentu akan membutuhkan keterlibatan banyak pihak untuk melakukan reboisasi dan penataan tumbuhan dan pohon yang akan ditanam.

Kebakaran hutan dapat disebabkan oleh beberapa hal yang berhubungan dengan akibat dari perbuatan manusia atau karena faktor alam. Ada beberapa penyebab kebakaran hutan yang secara umum terjadi di Indonesia atau di negara-negara lain yang sering mengalami kebakaran hutan.

Mengetahui Penyebab Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan bisa disebabkan karena keberadaan lahan gambut yang terkena musim kemarau dengan intensitas waktu yang lama. Keberadaan lahan gambut ini jika dilakukan pembakaran untuk membuka lahan akan menyebabkan kebakaran hutan yang hebat dan menjadi titik api utama dari kebakaran hutan yang terjadi.

Karenanya, aturan pertama agar tidak terjadi kebakaran hutan adalah dengan tidak membuka lahan atau ladang untuk keperluan pertanian atau perkebunan dengan cara membakar hutan. Hal ini bisa menjadi penyebab utama kebakaran hutan di indonesia karena sebagian warga masih belum sadar akan bahaya mengobarkan api di hutan.

Kebakaran hutan yang diakibatkan oleh ulah manusia juga bisa diakibatkan dari keteledoran orang saat meninggalkan bekas api unggun atau membuang arang yang masih bisa menyala karena panas matahari.

Selain itu, para pegunjung hutan yang juga sering membuang puntung rokok yang masih menyala secara sembarangan juga bisa menjadi penyebab kebakaran hutan yang besar. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan berbagai hal yang dapat menyebabkan kebakaran hutan.

Selain karena perbuatan manusia, kebakaran hutan juga bisa disebabkan oleh faktor alam. Di beberapa negara, seperti Amerika Serikat dan Australia, kebakaran hutan kerap terjadi karena adanya faktor musim panas yang meninggalkan suhu yang tinggi.

Karena adanya jenis tanaman tertentu yang dapat bergesek karena diakibatkan oleh angin, gesekan tersebut akan menghasilkan percikan api yang dapat mengakibatkan nyala api yang lebih besar. Hal ini bisa dibilang sebagai penyebab utama terjadinya kebakaran hutan di beberapa negara yang memiliki musim panas dengan suhu di atas rata-rata.

Bahaya Akibat Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan akan menyebabkan kerusakan alam yang luar biasa dan juga dapat menganggu aktivitas warga disekitar lokasi kebakaran. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam rangka mengatasi dan juga menanggulangi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan membangun menara pengamat yang cukup tinggi di dekat hutan yang rawan terjadi kebakaran. Menara ini harus dilengkapi dengan alat komunikasi yang memungkinkan untuk memantau kondisi hutan dan memberikan informasi sesegera mungkin apa bila terjadi kebakaran hutan.

Selain membangun menara, melakukan patroli juga akan membantu mengatasi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan. Penyediaan sistem transportasi mobil pemadam yang terletak di dekat hutan juga akan sangat membantu menanggulangi kemungkinan terjadinya kebakaran.

Selain itu, pemotretan citra secara berkala juga akan menjadi salah satu cara terbaik untuk memantau wilayah hutan dengan titik api yang dianggap membahayakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s