Dampak Fisik dan Psikologis Akibat Polusi

Tentu kita sering mendengar istilah polusi bukan?

Polusi sering dikaitkan dengan kondisi lingkungan. Polusi tidak lain merupakan pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan akan berdampak buruk terhadap tatanan lingkungan itu sendiri.

Kita mengenal berbagai macam polusi seperti polusi udara, polusi air, polusi tanah, juga polusi suara. Berbagai dampak buruk dapat ditimbulkan oleh polusi,selain dampak kesehatan fisik juga dampak kesehatan psikologi.

Lalu apa saja dampak-dampak yang diakibatkan oleh polusi atau pencemaran lingkungan?

Dampak Polusi Terhadap Kesehatan Fisik

Polusi udara merupakan pencemaran terhadap kualitas udara. Apabila kita tinggal di kota dengan tingkat polusi tinggi, kita dianjurkan pergi kealam terbuka dengan tujuan untuk dapat menghirup udara berkualitas lebih baik.

Menghirup udara berkualitas akan mengoptimalkan peredaran darah dalam tubuh, dimana darah juga membawa oksigen ke otak kita.

Apabila kita melihat dampak polusi udara bagi kesehatan tubuh kita, tentu kita akan menemukan banyak penyakit yang disebabkan oleh polusi udara. Penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh polusi udara seperti ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) asma, bronchitis, radang paru, bahkan iritasi pada mata dan kulit sebagai dampak yang paling sering terjadi.

Penyakit pernapasan ini juga dapat mempengaruhi kinerja organ tubuh lainnya seperti jantung, jantung akan kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh apabila sistem pernapasan kita mengalami penurunan akibat terlalu banyak timbal yang kita hirup. Tak jarang dampak polusi udara berujung kematian.

Polusi air dapat menyebabkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, kutu air, bahkan kanker kulit. Penyakit lain yang disebabkan oleh polusi air adalah diare, muntaber, typus, dan sebagainya.

Air merupakan unsur yang paling penting bagi kelangsungan hidup manusia. 70% tubuh manusia terdiri dari air, jadi bisa dibayangkan betapa besar pengaruh air terhadap metabolisme tubuh kita.

Kita beranjak pada polusi suara, polusi suara dapat menyebabkan gangguan pendengaran bahkan bisa saja menyebabkan ketulian. Orang yang setiap hari bekerja di pabrik dengan tingkat kebisingan tinggi akan semakin mudah terkena gangguan pendengaran.

Satu lagi jenis polusi yang membahayakan kesehatan kita adalah dampak polusi tanah. Polusi tanah erat kaitannya dengan unsur kimia yang terlalu banyak. Polusi tanah berpengaruh langsung pada tumbuhan ataupun hewan-hewan ternak yang mengkonsumsi tumbuhan tersebut.

Manusia juga tidak terlepas dari dampak buruk polusi tanah. Manusia yang mengkonsumsi sayuran atau hewan-hewan yang telah terkena polusi udara dapat menyebabkan reaksi seperti mual, sakit kepala, kelelahan, dan radang tenggorokan. Bila manusia mengkonsumsi makanan yang terkena polusi dalam jangka panjang akan dapat menyebabkan penyakit kronis bahkan kematian.

Dampak Polusi Terhadap Kesehatan Psikologis

Setelah mengetahui dampak-dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita yang diakibatkan oleh polusi, mari kita lihat dampak yang diakibatkan oleh polusi terhadap kesehatan psikologis kita.

Kondisi psikologis manusia sangat berhubungan dengan kondisi kesehatan fisik kita. Kesehatan psikis dan fisik dapat mencerminkan kualitas kehidupan kita.

Polusi udara, polusi suara, polusi air, dan polusi tanah dapat membawa kita pada kondisi stres. Stress ini dipicu oleh unsur-unsur kimia yang telah mencemari lingkungan.

Sebagai contoh, timbal dapat mengakibatkan penurunan kecerdasan pada anak. Unsur-unsur kimia yang masuk kedalam tubuh manusia selain menyebabkan penurunan kesehatan fisik, juga mengakibatkan seseorang sulit untuk mengontrol perilaku mereka.

Manusia akan semakin mudah untuk marah, merasa putus asa, tidak percaya diri, dan dampak psikis lainnya akibat pengaruh unsur kimia yang masuk ke dalam tubuh dan mengganggu jalannya fungsi organ tubuh dengan sempurna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s