Cara Terbaik Menerapkan 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, Replant)

Konsep 5R merupakan salah satu konsep “Go Green” yang sudah banyak dikampanyekan oleh para pemerhati lingkungan agar diterapkan oleh seluruh warga di dunia. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari konsep ini.

Selain memang akan mendatangkan kebaikan bagi lingkungan dan kehidupan manusia di sekitarnya, penerapan konsep ini juga akan memberikan dampak yang cukup drastis bagi pola hidup dan cara pandang masyarakat sekitar mengenai lingkungan tempat tinggal mereka.

Konsep ini pada umumnya terdiri dari Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang), Replace mengganti), dan Replant (menanam kembali)

Dari konsep terminologi saja sebenarnya sudah jelas mengenai cara dan tujuan sebenarnya dari konsep 5R yang diusulkan. Meskipun demikian, masih banyak orang yang merasa bingung atau ragu untuk menerapkan konsep tersebut karena kurang pemahaman dan motivasi untuk melakukannya.

Meskipun demikian, kita semua harus mengakui bahwa kesadaran sebagian orang yang telah mengetaui bahaya dari dampak kerusakan lingkungan sudah mulai meningkat.

Banyak orang yang memang benar-benar sudah sadar akan pentingnya menjaga lingkungan agar tetap seimbang dan tidak membahayakan para penghuninya.

Oleh karena itu, hal terakhir yang perlu ditanamkan kembali adalah cara menerapkan konsep 5R yang benar. Berikut ini adalah beberapa paparan mengenai cara terbaik menerapkan konsep 5R tersebut.

Menerapkan 5R secara Tepat

Konsep pertama adalah Recycle. Konsep ini merupakan dasar dari aktivitas mendaur ulang sesuatu atau mengolah kembali suatu barang yang sudah tidak digunakan agar bisa dimanfaatkan kembali.

Prinsip dasar dari kegiatan ini adalah memanfaatkan kembali barang bekas dengan cara mengolah materialnya, seperti mengolah sampah organik menjadi pupuk atau mengolah sampah plastik menjadi berbagai macam kerajinan yang memiliki nilai ekonomi.

Reuse adalah menggunakan kembali material atau bahan yang masih layak dipakai. Contohnya adalah dengan memanfaatkan kantong plastik yang sudah tidak dipakai dengan menyimpanya agar nanti bisa dipakai kembali.

Sementara itu, reduce adalah konsep pengurangan atau mengurangi pemakaian suatu material tertentu yang dianggap dapat mengurangi produksi sampah dan tidak menyebabkan konsupsi berlebih.

Sebagai contoh, anda bisa mengurangi produksi sampah dengan menggunakan barang-barang yang tahan lama, seperti peralatan yang awet dan dapat digunakan berkali-kali, seprti peralatan dapur, galon, detergen, minyak, dan yang lainnya. Hal ini akan membantu mengurangi konsumsi bahan-bahan yang diambil dari alam dan akan membantu lingkungan untuk kembali semimbang.

Konsep replace adalah mengganti barang tertentu dengan alternatif barang lain yang dapat memberikan manfaat yang sama.

Sebagai contoh, jika anda terbiasa menggunakan tas plastik dari supermarket apabila sedang berbelanja, anda bisa mulai menggunakan kantoing plastik bekas yang ada di rumah dari pada harus menggunakan kantong plastik dari supermarket.

Salah satu konsep yang paling penting dari penerapan konsep 5R adalah replant. Replant merupakan konsep penanaman kembali tumbuhan hijau agar tercipta ekosistem baru yang akan menciptakan keseimbangan alam yang lebih baik.

Kegiatan ini akan memberi pengaruh yang sangat signifikan apabila dikerjakan oleh banyak orang. Karenanya, kampanye untuk melakukan replant lebih sering digalakkan karena menanam pohon akan jauh menciptakan kesimbangan alam yang lebih baik.

Keuntungan dari Menerapkan 5R

Keuntungan yang bisa kita petik dari pemanfaatan 5R secara tepat adalah kita dapat hidup di lingkungan yang seimbang dan bersahabat. Kerusakan alam yang banyak diakibatkan karena pembalakan liar, kebakaran hutan, atau pengeboran minyak dapat ditanggulangi dengan 5R.

Kita bisa menjadikan 5R sebagai senjata utama kita dalam mengatasi kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh ulah kita sendiri. Karenanya, tidak ada kata terlambat untuk memulai menerapkan 5R. Mulai sekarang dari lingkungan tempat tinggal anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s