Solusi Tepat Untuk Lingkungan Yang Sehat

Mengurangi kerusakan lingkungan adalah hal yang sangat diperlukan di masa sekarang ini. Banyak lingkungan yang mengalami kerusakan karena adanya berbagai macam peralatan manusia yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan.

Teknologi yang semakin meningkat kadang kala justru memberikan dampak yang tidak baik untuk lingkungan sekitar. Produk – produk buatan manusia yang kurang ramah lingkungan memberikan andil yang besar atas kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini.

Polusi udara yang terjadi saat ini sebagian besar disebabkan oleh asap – asap hasil pembuangan kendaraan bermotor yang mengandung banyak zat – zat yang berbahaya. Untuk mengurangi polusi yang ada, para produsen kendaraan bermotor berlomba – lomba membuat kendaraan dengan sistem pembuangan yang lebih baik. Dengan sistem pembuangan yang lebih baik, kendaraan bermotor akan bisa menghasilkan gas buangan yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengurangi polusi adalah dengan menggunakan kendaraan dengan bahan bakar gas. Walaupun lebih aman, namun di Indonesia, kendaraan dengan bahan bakar gas belum banyak ditemui. Menggunakan kendaraan umum untuk bepergian juga akan bisa mengurangi jumlah kendaraan yang menghasilkan polusi udara di jalanan.

Banjir bandang akibat sampah bertebaran

Ada berbagai macam penyebab dari bencana banjir yang sering meresahkan warga. Sampah yang dibuang sembarangan ke sungai menjadi salah satu pemicu bencana banjir yang besar. Masyarakat sepanjang pinggir sungai memang sering kali membuang sampah – sampah rumah tangganya ke dalam sungai.

Berbagai macam jenis sampah sudah menjadi penyebab dangkalnya banyak sungai yang ada di daerah langganan banjir. Pendangkalan sungai karena sampah menyebabkan bencana banjir pada musim hujan tidak dapat dihindari.

Sudah banyak cara dilakukan pemerintah untuk mengurangi tumpukan sampah yang membuat permukaan sungai menjadi dangkal. Pengerukan sungai tidak akan berhasil jika masyarakat masih membuang sampah ke sungai.

Oleh karena itu, kesadaran untuk berhenti membuang sampah di sungai akan menjadi pencegah banjir yang efektif. Dengan memberikan himbauan untuk membuang sampah pada tempatnya, pemerintah ingin mencoba untuk mengajak masyarakat bergaya hidup bersih dan sehat. Sampah yang dibuang pada tempatnya akan membuat lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat.

Penyakit – penyakit yang bisa timbul akibat sampah yang berserakan juga tidak akan mengganggu masyarakat. Membuang sampah pada tempatnya merupakan solusi awal untuk mencegah terjadinya bencana banjir bandang.

Lingkungan aman dengan energy seimbang

Berbagai macam energy telah dapat ditemukan dan dipergunakan dengan mudah oleh orang – orang. Energy air, listrik dan energy lain merupakan energy yang digunakan pada kehidupan sehari – hari. Energy yang berasal dari alam ini memang sangat bermanfaat.

Walaupun bermanfaat, penghematan dan penggunaan yang sesuai harus selalu diperhatikan. Penggunaan energy dengan berlebihan akan mengurangi cadangan energy yang ada. Jika energy yang diperlukan sudah tidak tercukupi, kestabilan hidup dan lingkungan akan terganggu.

Salah satu cara menghemat energy adalah dengan mengganti penggunaan bolam lampu dengan neon kecil atau CFL. Neon yang berukuran lebih kecil dari bohlam ini memang sudah dikenal sebagai lampu dengan daya hidup yang jauh lebih lama dibandingkan dengan produk – produk bohlam pada umumnya.

Tidak hanya memiliki daya tahan yang lebih lama, CFL juga tidak membutuhkan energy yang besar. Untuk bisa memberikan cahaya, CFL hanya membutuhkan seperempat dari energy yang dibutuhkan oleh bohlam biasa.

Mengontrol penggunaan air juga menjadi hal yang perlu dilakukan. Air yang merupakan energi kehidupan harus dijaga dengan baik agar tetap tersedia hingga masa yang akan datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s