Pentingnya Menjaga Kebersihan Rumah

Rumah merupakan tempat tinggal bagi sebuah keluarga dimana segala sesuatu hal dialami bersama. Rumah yang penuh kenangan menjadi tempat yang sangat dirindukan saat seseorang jauh dari keluarga.

Rumah juga merupakan cerminan bagi pemiliknya, apakah pemiliknya merupakan orang yang rapi, cermat dan bersih ataukah sebaliknya, yakni orang yang ceroboh, teledor dan jorok.

Bagi anda yang terbiasa hidup bersih pastinya kegiatan membersihkan rumah bukan menjadi hal yang asing lagi bukan? Bersih-bersih rumah seperti mengelap, menyapu, mengepel, dan sebagainya menjadi rutinitas sehari-hari yang wajib untuk dilakukan.

Lingkungan rumah yang bersih membuat anggota keluarga yang menempatinya menjadi nyaman dan sehat. Namun bagi anda yang tak terbiasa hidup dalam lingkungan yang bersih, anda akan nyaman dengan kondisi rumah yang jorok dan kotor. Mengapa rumah yang bersih begitu penting?

Pentingnya Menjaga Kebersihan Rumah

Menjaga kebersihan rumah menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan agar anggota keluarga dapat hidup sehat. Berikut ini merupakan pentingnya menjaga kebersihan rumah :

Rumah yang bersih menghindarkan anggota keluarga yang mendiaminya dari berbagai penyakit seperti disentri, demam berdarah, diare, dan sebagainya. Pasalnya, jika rumah kotor maka dengan otomatis berbagai hewan seperti nyamuk dan lalat serta bakteri jahat akan dengan mudah tumbuh di lingkungan yang kotor.

Rumah yang kotor merupakan tempat yang paling nyaman bagi berbagai hewan dan kuman yang menyebabkan berbagai penyakit. Jika anda terserang penyakit, bayangkan berapa biaya rumah sakit yang harus anda keluarkan? Hal tersebut pastinya tidak sebanding dengan biaya membeli sapu dan kain lap pel yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit.

Rumah yang bersih menghindarkan rumah dari tikus dan kecoa. Siapa yang tidak sebal dengan keberadaan tikus? Hewan pengerat yang satu ini tidak segan mencuri berbagai macam makanan yang kita konsumsi.

Mulai dari nasi, sayur dan lauk pauk, hewan ini menyukai semuanya. Walaupun awalnya hanya ada satu tikus namun dijamin tidak sampai dalam waktu sebulan tikus di rumah anda akan bertambah karena populasi tikus bisa bertambah dengan sangat cepat.

Rumah yang bersih membuat nyaman dan bahagia bagi penghuninya. Pada dasarnya manusia memang diciptakan oleh Tuhan untuk menyukai berbagai macam keindahan. Salah satu keindahan itu tentunya diperoleh dari rumah yang rapid an bersih.

Tak dapat dipungkiri rumah yang bersih akan mempengaruhi psikologis penghuninya karena rumah yang bersih akan memancarkan energy positif bagi siapapun yang ada di dalamnya.

Berbagai Cara Mengusir Tikus

Jika anda sudah berusaha menjaga kebersihan rumah namun anda masih menemukan tikus dalam rumah anda, maka anda dapat melakukan hal-hal berikut ini :

Cek kembali rumah anda, apakah ada tumpukan kardus atau barang tak terpakai di dalam rumah. Jika iya, kemungkinan besar tikus hidup di dalamnya. Untuk mengusir tikus, anda dapat memulainya dengan menjaga kebersihan rumah sebersih mungkin, termasuk membuang atau menjual barang-barang bekas dan kardus ke pengepul rongsok.

Pasanglah jebakan tikus di tempat yang sering dilewati tikus. Anda pun dapat memasang makanan pancingan seperti keju, biscuit atau makanan lain dengan bau menyengat. Biasanya cara ini efektif untuk beberapa kali saja karena tikus bisa menghafal dengan baik rute yang telah anda sabotase itu.

Sebarkanlah kapur barus yang telah diremukkan di area-area yang mungkin dihampiri oleh tikus seperti dapur, gudang dan almari. Pada dasarnya tikus tidak menyukai bau yang menyengat. Namun kapur barus mudah menguap sehingga anda harus rajin memasangnya.

Peliharalah kucing atau anjing untuk dijadikan penjaga rumah.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s