Pelihara Lingkungan Hijau Kita

Di masa sekarang ini, cukup sulit bagi kita untuk menemukan sejumlah ruang terbuka yang dipenuhi warna hijau pepohonan, rumput, dan semacamnya. Apalagi di daerah perkotaan, ruang hijau telah banyak berganti menjadi bangunan-bangunan yang menjulang, rapat memenuhi pandangan mata.

Jikapun ada, beberapa terlihat memprihatinkan karena ada sejumlah tumpukan sampah yang berada di sekitarnya, menimbulkan bau yang tidak sedap serta pemandangan yang tidak enak dilihat. Menghirup udara bersih yang bebas polusi sembari memandang hamparan hijau pepohonan semakin sulit diwujudkan.

Oleh karena itu, jika kita telah memiliki lingkungan hijau di sekitar kita, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaganya.

Mungkinkah Memelihara Lingkungan Tetap Hijau?

Sebagian orang beranggapan bahwa menjaga lingkungan tetap hijau adalah hal yang sulit untuk dilakukan; padahal tidak demikian. Sepanjang ada niat diikuti usaha, lingkungan yang hijau sangat bisa direalisasikan.

Siapapun bisa menjaga keseimbangan lingkungan hijau. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, hanya dengan mengeluarkan sedikit uang; bahkan tidak memerlukan uang sama sekali.

Cara Menjaga Lingkungan agar Tetap Hijau

Berikut cara-cara penjagaan lingkungan hijau yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

Pengelolaan sampah

Pengelolaan sampah ini bisa kita mulai dari fase pembuangan sampah. Biasakan untuk membuang sampah, apa saja, di tempat sampah yang telah tersedia, sehingga tidak mengotori lingkungan atau bahkan menimbulkan polusi dan dampak berbahaya lainnya.

Apabila memungkinkan, pilah-pilah sampah berdasarkan jenisnya: organik, plastik, kertas. Selanjutnya, jika kita memiliki kemampuan dan sedikit dana, kita dapat mengelola sampah dengan metode daur ulang.

Mengurangi tindakan yang menghasilkan banyak sampah

Beberapa sampah seperti plastik, sterofoam, dan lainnya; tidak dapat didaur ulang oleh tanah dengan sempurna. Ini menimbulkan dampak negatif bagi kesuburan tanah. Karenanya, usahakan untuk tidak terlalu banyak membeli barang atau makanan yang dikemas dalam bahan-bahan tersebut.

Selain itu, pengurangan volume sampah bisa juga dilakukan dengan menggunakan barang lebih dari sekali serta mendaur ulang barang yang sudah tidak dipakai menjadi barang baru (atau setengah baru) yang memiliki fungsi.

Mencegah terjadinya polusi

Polusi bisa terjadi pada tanah, air, dan udara. Untuk mencegah ketiganya, kita bisa mengurangi pemakaian bahan kimia dan tidak membuang sisanya sembarangan di air atau tanah; mengurangi penggunaan kendaraan yang mengeluarkan asap, dll.

Begitu pula jika kita memiliki usaha yang menghasilkan limbah; kita harus bijaksana dalam mengelola limbah tersebut, jangan sampai membahayakan lingkungan hijau di sekitar.

Menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan

Cara yang satu ini efektif untuk mengurangi pencemaran lingkungan sekaligus menciptakan kondisi kesehatan yang bagus untuk diri kita sendiri. Kurangi penggunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk bahan pembersih, adalah langkah konkrit penjagaan lingkungan yang hijau, bersih, dan sehat.

Menggalakkan gerakan tanam pohon

Tanaman-tanaman kecil dan pepohonan adalah aktor penting dalam mewujudkan lingkungan hijau. Demi menjaga kehijauan lingkungan, kita bisa membuat program penanaman pohon secara berkala; mengganti pohon yang telah mati atau menjalankan sistem tebang pilih tanam.

Kita pun bisa memperluas daerah yang bisa dihijaukan dengan mengajak masyarakat lain untuk turut berpartisipasi dalam program penghijauan dan pemeliharaan lingkungan supaya terus menghijau.

Satu hal yang paling penting dalam usaha menjaga lingkungan hijau adalah kesungguhan usaha dan konsistensi dalam menjalankannya. Mengapa? Karena lingkungan hijau membutuhkan perawatan yang terus-menerus, bukan hanya sekali waktu lalu ditinggalkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s