Menjaga Lingkungan Mulai dari Rumah

Lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman; siapa yang tidak ingin tinggal di lingkungan semacam itu? Semua orang menginginkannya. Akan tetapi, seberapa orang yang mau berbuat banyak untuk mewujudkannya?

Menjaga kondisi lingkungan hidup sekitar adalah tanggung-jawab masing-masing individu, tanpa pengecualian sedikitpun. Ini tentu disebabkan oleh tindakan-tindakan manusia lah yang menjadi ‘biang kerok’ terjadinya pencemaran atau kerusakan lingkungan yang belakangan banyak terjadi. Ketika dampaknya mulai muncul, manusia pula yang paling merasakannya.

Memulai dari Rumah

Rumah kita adalah bagian dari lingkungan. Di sinilah kita melakukan berderet-deret aktivitas mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Di rumah pula, kita memiliki sejumlah anggota keluarga yang mempunyai aktivitas yang berbeda satu sama lain.

Kesamaannya adalah, setiap sejumlah aktivitas ini dapat menimbulkan resiko terganggunya kondisi lingkungan yang bersih, sehat, dan kondusif.

Inilah sebabnya, usaha untuk menjaga lingkungan sebaiknya kita mulai dari rumah terlebih dahulu. Jika kemudian kita telah berhasil mencanangkan gerakan sadar lingkungan di rumah, kita bisa melebarkan sayap dengan mengajak yang lain untuk mengusahakan hal yang sama. Di samping itu, kesadaran serupa akan mempengaruhi perilaku kita dimanapun kita berada; seperti di tempat kerja.

Apabila semua orang menyadari pentingnya menjaga lingkungan dan menerapkannya di mana saja berada, mimpi akan lingkungan yang sehat menjadi lebih mudah diwujudkan.

Cara Menjaga Lingkungan (dari rumah)

Ada banyak upaya yang bisa kita lakukan di rumah demi mewujudkan, seperti berikut:

Mendesain rumah yang ramah lingkungan; antara lain dengan cara membangun ruang-ruang terbuka di rumah dan mengurangi sekat antar ruangan. Dengan demikian, udara dan sinar matahari akan lebih mudah masuk sehingga peralatan yang memakan energi listrik seperti kipas angin dan AC tidak perlu ada.

Membatasi penggunaan air dan listrik dengan jalan tidak menyalakan air atau peralatan listrik ketika tidak diperlukan. Menghemat keduanya berarti telah membantu terjaganya lingkungan; paling tidak mengurangi energi yang harus dikeluarkan alam untuk memenuhi kebutuhan kita. Sampel nyata dari prinsip yang ini antara lain dengan:

  • menyalakan pemanas ruangan ketika diperlukan saja
  • menempatkan kulkas di lokasi yang tepat serta menyetel suhu yang normal untuk mengurangi penyerapan energi
  • mematikan lampu saat tidur atau tidak dipakai
  • membuka jendela untuk memperoleh udara sejuk dibanding menyalakan AC
  • mematikan kran air begitu selesai mandi atau mencuci

Berinvestasi untuk menghijaukan area sekitar rumah. Tanamlah pepohonan dan tanaman-tanaman lain yang bisa menghasilkan. Tidak hanya berhemat untuk kebutuhan tertentu (karena bisa mengambil dari kebun sendiri), tetapi keberadaan pepohonan pun akan berarti dalam upaya produksi udara bersih dan penetralan polusi udara, serta penampungan air

Memilih bahan organik, tinggalkan zat kimia. Bahan kimia, jika digunakan dalam jumlah banyak, bisa mencemari lingkungan. Contohnya adalah pemakaian pestisida dalam membunuh hama. Pestisida mengandung zat kimia yang tidak hanya membasmi hama, tetapi mikroorganisme yang berperan dalam kesuburan tanah pun ikut mati.

Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor; atau lebih sering menggunakan kendaraan umum daripada pribadi. Hal ini dapat mengurangi polusi udara berupa asap yang ditimbulkan kendaraan, sekaligus menghemat bahan bakar.

Melakukan pengelolaan sampah secara benar; misalnya dengan membuang sampah di tempat sampah, memilah-milah sampah berdasar jenisnya, atau menerapkan prinsip ampuh 3R (reduce, reuse, recycle) dalam penanganan sampah agar sampah yang dihasilkan tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s