Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Lingkungan merupakan hal yang penting untuk di jaga. Mungkin, jika kita mendengar kata lingkungan, yang kita pikir adalah menjaga ingkungan terdekat saja, seperti lingkungan rumah. Kita harus tahu bahwa tidak hanya lingkungan rumah yang perlu kita jaga, namun lingkungan sekolah pun haruslah dijaga mengingat bahwa kita juga merupakan bagian dari lingkungan sekolah.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan sekolah dengan baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa tips utama yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang baik dan bersih. Jadi, marilah kita bahas ini menjadi dua garis besar.

Memilah Sampah

Seperti yang kita tahu, pemilahan sampah merupakan salah satu prinsip yang penting. Pemilahan sampah merupakan prinsip yang tidak hanya baik untuk diterapkan di lingkungan rumah. Pemilahan sampah yang nantinya akan berujung ke konsep perwujudan bank sampah merupakan hal yang baik.

Jadi, anda sebagai salah satu bagian dari sekolah pun harus mencanangkan rencana ini. Pemilahan sampah ini bisa diawali dengan pemisahan bak sampah. Bak sampah dibagi dua yakni pemilahan bak sampah organik dan anorganik.

Pemilahan bak sampah menjadi dua hal merupakan hal yang tepat. Dengan begitu, kita bisa memilih untuk membuang sampah hijau ke tempat sampah yang organik. Jika kita ingin membuang sampah plastik, maka kita bisa membuangnya di tempat sampah anorganik.

Selain memberikan pelajaran untuk memilah sampah dengan baik, maka anda harus tahu bahwa siswa juga bisa mendapatkan pelajaran tambahan yang baik untuk mengerti konsep bank sampah. Dengan mengaplikasikan konsep bank sampah ini, kita bisa memberikan konsep pengolahan pupuk organik sebagai penerapan pelajaran sains.

Selain itu, konsep bank sampah yang baik juga mengajarkan siswa bagaimana meningkatkan kehidupan ekonomi dengan pemanfaatan barang bekas yang ternyata bisa memberikan nilai yang tinggi.

Sehingga, kedepannya, langkah go green ini bisa menjadi inspirasi siswa serta menjadi inspirasi sekolah lain untuk mendapatkan pelajaran yang baik dalam pengaplikasian langkah save earth. Selain itu, anda juga bisa mengaplikasikan beberapa tips dibawa.

Membersihkan Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah pun perlu dibersihkan secara rutin. Kita tidak bisa menggantungkan hal ini sepenuhnya kepada para pembersih yang sudah disewa sekolah. Kadang kala pembersihan yang dilakukan kurang menyeluruh karena kebanyakan para pembersih akan kewalahan karena lingkungan sekolah yang sangat besar.

Jadi, ada baiknya bila kita melakukan pembersihan sekolah secara rutin setiap hari jumat atau hari sabtu ketika kegiatan sekolah semakin sedikit. Jadi, pembersihan masal ini bisa mengerahkan para siswa untuk tampil lebih aktif menjaga lingkungan sekolah dan meningkatkan kesadaran untuk membersihkan lingkungan sekolahnya.

Selain itu, anda harus tahu bahwasanya dengan membersihkan sekolah, anda bisa mendapatkan pelajaran yang baik tentang menjaga lingkungan diri sendiri.

Pembersihan taman pun harus dilakukan secara menyeluruh. Kemudian, setelah itu anda juga harus membersihkan kelas secara menyeluruh mulai dari pintu, jenbdela, dan masih banyak lagi.

Pembersihan kamar mandi juga merupakan hal yang sangat penting. Mungkin pembersihan sudah bisa dilakukan oleh para cleaning servis, anda tetap perlu menjaga kebrsihannya. Kebersihannya bisa dijaga dengan cara melakukan hal yang bersih, seperti selalu menyiram kamar mandi dengan bersih hingga tidak meninggalkan bau. Selamat mencoba kawan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s