Menjaga Energi dan Lingkungan

Saat ini, isu lingkungan merupakan isu yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh para penjaga lingkungan. Seperti yang kita tahu, dengan menjaga lingkungan dengan baik, maka sumber daya alam yang alami yang bisa disediakan oleh alam ini bisa dilestarikan lebih lama untuk generasi yang mendatang.

Salah satu isu utama dalam lingkungan adalah isu energi. Seperti yang kita tahu, bahan bakar minyak merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi manusia. Jika penggunaan bahan bakar minyak ini tidak dilengkapi dengan penjagaan lingkungan yang baik, maka lingkungan ini pun akan terkontaminasi oleh polusi yang ditimbulkan dari bahan bakar minyak yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sering kali, kita sebagai manusia mengabaikan hal kecil yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan. Dengan menjaga lingkungan maka kita juga turut serta untuk menjaga bumi kita untuk hidup lebih lama. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu anda menjaga kesehatan bumi saat ini.

Langkah simpel menjaga bumi

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga lingkungan ini agar tidak terlalu lama tersiksa dengan kegiatan manusia yang seakan merugikan dan terkesan tidak menghemat energi. Berikut inilah langkah tepat yang bisa anda lakukan:

Mematikan lampu merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk membantu alam dalam penghematan energi. Jika dalam sehari lampurumah harus dinyalakan selama sehari berturut-turut, maka anda harus tahu bahwa selama itu juga kita harus menyaksikan pembangkit tenaga listrik bekerja. Selain menghemat energi, tentunya anda bisa menghemat biaya penggunaan listrik anda.

Minimalisir penggunaan air bersih. Air bersih merupakan hal yang sangat diperlukan bagi masyarakat. Sebagai manusia, tentunya kita tidak akan lepas dari kebutuhan air. Minum, mencuci, dan juga mandi pun memerlukan air bersih.

Jadi, jangan sampai kita membuang-buang air bersih. Jika ada air kran yang menyala, dan tidak dipergunakan, maka anda perlu matikan air kran tersebut. meskipun anda memiliki keuangan yang cukup, anda pun tidak boleh membuang-buang penggunaan air bersih.

Pergunakan angkutan umum daripada kendaraan pribadi. Anda harus tahu, peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang sangat tinggi membuat tingkat polusi semakin meningkat, jadi untuk meminimalisir polusi, ada baiknya jika anda menggunakan angkutan umum sebagai sarana bepergian dalam kota. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi jika anda bepergian ke luar kota saja.

Kemudian, anda juga harus mengurangi penggunaan alat listrik jika tidak diperlukan. Jadi, jika anda menggunakan AC di kamar anda, maka anda bisa nyalakan ketika anda berada di ruangan saja. Jika anda sedang tidak berada di ruangan, akan lebih baik jika anda tidak menyalakannya.

Membuang sampah pada tempatnya juga sangat penting untuk dilakukan. Jika kita membuang sampah pada tempatnya, maka kita pun bisa mendapatkan kenyamanan dalam hidup. Jika sampah dipilah menurut jenisnya, maka kita bisa mengolah sampah tersebut lebih baik dari sebelumnya.

Kesimpulan

Jadi, sebenarnya menjaga lingkungan sangat mudah untuk dilakukan asal kita sebagai manusia menyadari bahwa melakukan hal kecil sangatlah penting untuk dilakukan. Jadi, anda juga jangan hanya membaca tipsnya, anda juga perlu melakukannya dengan baik di kehidupan anda. Mulailah hal yang baik dari keluarga anda secara pelan dan pasti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s