Mengurangi Pemanasan Global

Apakah anda tahu tentang istilah global warming? Ya, global warming atau pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, maupun daratan di bumi.

Akibat pemanasan global ini, suhu di bumi kita semakin panas. Selain itu juga terjadi banyak bencana maupun fenomena-fenomena alam yang tidak terkendali, seperti banjir, angin putting beliung, semburan gas dimana-mana, serta curah hujan yang cenderung tidak menentu.

Pemanasan global dapat meningkatkan temperatur air hingga menyebabkan naiknya permukaan air laut. Selain itu, pemanasan global juga dapat melelehkan lapisan es di kutub dan glester. Lebih jauh, pemanasan global mengakibatkan penipisan lapisan ozon. Mengerikan sekali, bukan? Planet bumi yang kita tinggali ini memang sudah sangat tua dan mengalami proses kerusakan. Lalu apa yang harus kita lakukan?

Penyebab Pemanasan Global

Apa sebenarnya yang menyebabkan terjadinya pemanasan global di bumi ini? Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab pemanasan global:

Polusi karbondioksida

Polusi karbondioksida ini banyak berasal dari mesin kendaraan bermotor, juga pembangkit listrik bahan bakar fosil. Pembangkit listrik bahan bakar minyak bumi dan batu bara juga banyak mengeluarkan karbondioksida ke atmosfer bumi kita. Pembakaran bahan organik seperti kayu atau kotoran hewan juga dapat menghasilkan karbondioksida yang dapat menambah panas atmosfer.

Polusi gas Metana

Polusi gas metana biasanya berasal dari pertanian dan peternakan. Gas ini berasal dari bahan-bahan organik yang dipecah oleh bakteri dalam keadaan kurang oksigen, misalnya di persawahan. Gas metana juga bisa terjadi pada usus hewan ternak, sehingga dengan semakin meningkatnya populasi ternak, semakin meningkat pula produksi gas metana yang dilepaskan ke atmosfir bumi.

Penebangan liar

Banyak sekali kasus penebangan liar yang terjadi di sekitar kita. Penebangan liar ini membuat hutan menjadi gundul karena dialih-fungsikan menjadi lahan perkebunan ataupun pembangunan.

Penggundulan hutan secara intensif dapat mengurangi kemampuan tanah dalam mengubah karbondioksida. Padahal fungsi hutan sebagai paru-paru dunia sangat penting untuk mendaur-ulang karbondioksida yang terlepas dari atmosfir bumi kita.

Penggunaan pupuk kimia secara berlebihan

Pupuk memang bisa membuat tanaman berkembang dengan baik. Tapi jika pupuk yang mengandung nitrogen digunakan secara berlebihan dapat memicu terjadinya pemanasan global. Selain itu, pupuk berbahan kimia yang meresap ke dalam tanah dapat menyebabkan pencemaran sumber air.

Cara Mengurangi Pemanasan Global

Ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi pemanasan global, antara lain:

Menghemat pemakaian listrik dan air

Kita dapat menghemat listrik dengan hanya menggunakannya jika dibutuhkan. Gunakan lampu yang hemat energi seperti jenis lampu fluorescent, karena lampu jenis ini bisa menghemat energi hingga 80% daripada penggunaan lampu pijar.

Untuk menghemat air, pastikan kita tidak melakukan kegiatan dengan air yang mengalir terus-menerus. Gunakan air seperlunya dan secukupnya saja.

Reuse, Reduce dan Recycle

Yang dimaksud reuse adalah menggunakan kembali barang-barang yang masih bisa digunakan atau dimanfaatkan, sehingga jumlah sampah dapat dikurangi.

Reduce artinya menghemat penggunaan bahan-bahan yang memicu meningkatnya jumlah sampah. Misalnya menghemat penggunaan kertas, membeli produk yang ramah lingkungan, mengurangi penggunaan bahan kimia, dan lain sebagainya.

Sementara itu, recycle berarti mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi. Sebagai contoh, barang plastik bekas seperti ember, kaleng, botol bekas minuman, dan sejenisnya bisa didaur ulang menjadi pot, tempat pensil, dan berbagai kerajinan tangan lainnya.

Selain dapat mengurangi sampah, kita juga bisa meningkatkan penghasilan dengan berkreasi menggunakan barang-barang daur ulang menjadi barang kerajinan yang cantik dan layak jual.

Penghijauan

Kita dapat memulai penghijauan dari hal-hal kecil, misalnya menanam pohon di sekitar lingkungan rumah kita. Sekecil apapun halaman rumah kita, pohon-pohon yang kita tanam dapat menetralisir karbondioksida di udara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s