Mengapa Perlu Menangani Sampah dengan Benar (Berdasarkan Jenisnya)?

Siapapun tak akan ada yang asing dengan kata ‘sampah’. Mendengar kata ini diucapkan, otak kita otomatis mengasosiasikannya dengan tumpukan barang sisa tak berguna yang mengganggu pemandangan bahkan terkadang mengganggu indra penciuman. Sampah mengacu pada material sisa yang tak lagi difungsikan oleh manusia sebagaimana barang baru.

Semua orang menghasilkan sampah dalam satu tahun, manusia menghasilkan jutaan ton sampah yang beraneka ragam. Sayangnya, hanya sebagian dari mereka yang memiliki kesadaran untuk mengelolanya dengan bijak, sehingga dapat meminimalisir dampak buruk yang mungkin tercipta.

Jenis-Jenis Sampah

Sebelum mengetahui pengelolaan sampah, kita perlu mengetahui klasifikasinya, agar dapat mengupayakan tindakan yang tepat. Tentu saja lain sampah lain penanganannya.

Berdasarkan sifatnya, sampah terbagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik, seperti daun kering, sisa makanan, hewan mati, dsb.; mempunyai sifat mudah membusuk dan oleh karenanya, alam mudah menguraikan sampah jenis ini.

Sebaliknya, sampah anorganik memiliki sifat yang berlawanan. Contoh sampah anorganik adalah kantong plastik, botol minuman, kertas, dll.

Masing-masing jenis sampah anorganik ini cenderung sulit diurai secara sempurna oleh alam. Plastik misalnya, tanah dan mikroorganismenya membutuhkan waktu yang panjang untuk bisa menguraikannya.

Sementara itu, ada pula pengelompokan sampah berdasarkan bentuknya. Dalam grup ini, terdapat tiga jenis sampah: sampah gas, cair, padat.

Sampah berbentuk padat adalah yang mendominasi jenis-jenis sampah yang diproduksi oleh manusia, seperti plastik bekas, bungkus makanan/minuman, sayur-sayuran sisa, dll.

Sampah cair bisa berupa air sisa cucian atau limbah berbentuk cairan dari industri; sedangkan contoh sampah berbentuk gas adalah asap yang diproduksi kendaraan atau mesin pabrik.

Satu lagi kategori pengelompokan sampah adalah sumbernya. Dalam hal ini, klasifikasi sampah didasarkan pada penghasilnya.

Jenis-jenis sampah berdasar sumbernya adalah sampah alam (batang, daun, bangkai, dll), sampah manusia (yang merupakan hasil segala aktivitas manusia), sampah industri (yang merupakan sisa atau hasil aktivitas industri/pabrik), dan sampah konsumsi yang mewakili sisa-sisa makanan.

Bijak Menangani Sampah

Sampah merupakan musuh utama lingkungan. Banyak pencemaran dan kerusakan alam/lingkungan disebabkan oleh sampah-sampah ini. Demi menjaga kebersihan, keseimbangan, dan kesehatan lingkungan; manusia harus melakukan tindakan yang tepat terhadap sampah.

Dengan mengetahui jenis-jenis sampah dan apa saja yang masuk dalam masing-masing kategori, manusia akan mampu:

  • Membuang sampah dengan memilah sesuai kategori. Pemilahan sampah akan memudahkan dalam upaya daur ulang. Jadi, ketika akan mengolah sampah organik misalnya, kita tidak perlu lagi membuang sampah plastik atau sampah anorganik yang tercampur di dalamnya.
  • Mengolah sampah dengan cara yang benar sesuai dengan jenisnya. Contohnya, sampah-sampah organik seperti daun kering bisa kita olah menjadi kompos, sedangkan sampah anorganik seperti plastik atau kertas dapat kita manfaatkan menjadi produk kerajinan tangan yang kembali memiliki nilai ekonomis

Kesukesan penanganan sampah akan berimbas positif pada kehidupan manusia di sekitarnya. Namun, hal itu akan terwujud apabila seluruh elemen masyarakat memiliki kesadaran terhadap pengelolaan sampah yang benar berikut menjalankan peran yang sama baiknya dalam pengelolaan sampah.

Kita bisa mengambil contoh dari salah satu negara di Asia, Jepang, yang telah menuai keberhasilan dalam pengelolaan sampah. Di sana, setiap orang diupayakan untuk memiliki kesadaran penuh mengenai pengelolaan sampah.

Nah, ingin sampah tak lagi menjadi masalah? Mulailah dengan memiliki kesadaran pribadi pentingnya pengelolaan sampah dan selanjutnya mempraktekkan serta mengajak masyarakat dalam mengelola sampah secara benar dan bijak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s