Mencegah Pencemaran Lingkungan

Kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya tidak lepas dari peran lingkungan. Baik itu manusia, hewan maupun tumbuhan membutuhkan lingkungan untuk dapat hidup dan berkembang. Lingkungan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang ada di sekitar manusia maupun makhluk hidup lain yang mempunyai hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.

Lingkungan yang baik adalah lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman. Jika lingkungan kita sehat, maka akan tercipta suasana yang nyaman. Namun sebaliknya, jika lingkungan kita tidak sehat dan banyak pencemaran akan sangat rentan terhadap munculnya berbagai macam penyakit. Tentu saja kita tidak mau ini terjadi, bukan?

Macam-macam Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan bisa diartikan sebagai berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau proses alam sehingga mengakibatkan kualitas lingkungan menurun. Pencemaran atau polusi ini bisa disebabkan oleh bahan-bahan atau zat-zat berbahaya yang dapat merusak lingkungan sekitar.

Zat-zat berbahaya ini disebut polutan. Suatu zat disebut polutan apabila jumlahnya melebihi batas normal dan berada pada waktu dan tempat yang tidak tepat. Pencemaran lingkungan itu sendiri terbagi menjadi beberapa macam:

Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah pencemaran akibat ketidak-seimbangan komposisi udara, yang bisa ditimbulkan oleh alam maupun kegiatan manusia. Pencemaran udara yang terjadi karena faktor alam seperti letusan gunung berapi, yang mengeluarkan debu, gas SO2, CO, dan H2S yang bersifat racun.

Sedangkan pencemaran udara yang terjadi karena kegiatan manusia seperti asap atau gas-gas yang dihasilkan oleh pabrik, kendaraan bermotor, pembakaran minyak bumi dan batu bara. Selain itu, polusi udara juga dapat ditimbulkan oleh radiasi bahan radioaktif seperti nuklir.

Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah adalah suatu keadaan dimana bahan kimia masuk dan mengubah lingkungan alami tanah. Pencemaran tanah ini dapat disebabkan oleh berbagai kegiatan manusia, seperti penggunaan pestisida, kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri.

Pencemaran tanah juga dapat terjadi karena air limbah dari tempat penimbunan sampah maupun limbah industri yang langsung dibuang ke tanah tanpa melalui proses tertentu. Pembuangan bahan sintetis seperti plastik, kaleng atau kaca juga bisa menyebabkan pencemaran tanah karena bahan tersebut tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme sehingga oksigen tidak bisa meresap ke tanah.

Pencemaran Air

Pencemaran air biasanya terjadi karena ulah manusia, yang menyebabkan terjadinya perubahan warna air, bau, serta kematian biota air. Yang tergolong pencemaran air misalnya limbah pabrik, pestisida, detergen, minyak, serta bahan-bahan organik atau sisa-sisa organisme yang telah membusuk. Tentunya ini bisa berdampak sangat buruk bagi kelangsungan hidup manusia maupun makhluk hidup lainnya, karena air sangatlah penting bagi kehidupan.

Pencemaran suara

Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang disebabkan oleh suara bising kendaraan, deru mesin pabrik, dan benda-benda lain yang menimbulkan suara yang sangat keras sehingga dapat mengganggu pendengaran. Pencemaran suara ini membuat lingkungan tidak tenang dan tidak nyaman.

Cara Mencegah Pencemaran Lingkungan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pencemaran lingkungan. Misalnya dengan melakukan penghijauan atau reboisasi, melakukan pengawasan terhadap penggunaan pestisida, insektisida dan bahan kimia lainnya, mengatur sistem pembuangan limbah industri, mengurangi jumlah sampah dengan mendaur ulang.

Selain itu juga diperlukan melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang arti pentingnya lingkungan sehat, sehingga membuat masyarakat sadar lingkungan. Sebaiknya juga diterapkan pemberian sanksi yang tegas terhadap perilaku yang mencemari lingkungan. Dengan demikian, masyarakat akan lebih menjaga dan memperhatikan lingkungan sekitar dan pencemaran lingkungan dapat diminimalisir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s