Menanam Tanaman, Solusi Mudah dan Mengasyikkan

Pernahkah anda keluar di pagi buta sekitar pukul 4 sampai 5 pagi dan merasakan segarnya udara pagi saat itu? Ya, tentunya pada saat-saat jam tersebut, udara masih terasa segar karena belum ada polusi yang dihasilkan dari berbagai jenis kendaraan di jalan raya.

Dengan udara yang segar ini anda pastinya akan mendapat semangat dan inspirasi baru untuk menjalani aktivitas seharian. Pernahkah anda berpikir bahwa anak cucu anda akan masih dapat menikmati udara yang segar tersebut?

Mungkin kini masih banyak kita lihat tanaman dan bukit hijau di sekitar kota anda. Namun tak bisa dipungkiri lahan resapan dan hijau tersebut semakin lama semakin berkurang akibat pembangunan yang tak henti-hentinya berjalan. Sebut saja pembangunan di bidang property alias perumahan yang semakin menjamur dan tak jarang mengambil lahan resapan dan hijau di suatu daerah.

Pentingnya Mempertahankan Lingkungan Hijau

Betapa pentingnya menjaga lingkungan dimulai dari diri kita sendiri. Jika lingkungan di sekitar kita sejuk dan banyak tumbuh pohon tentunya rumah terasa menyenangkan bukan?

Ya, tanaman memang membawa energy positif tersendiri bagi kehidupan yang ada di sekelilingnya. Tak ayal, semakin banyak rumah maupun perumahan yang meluangkan sedikit lahannya untuk ditanami berbagai macam tanaman hias maupun tanaman jenis sayur mayor.

Lingkungan yang asri dan hijau selain memberikan energy positif bagi kehidupan di sekelilingnya, juga terbukti mencegah banjir dan longsor. Ya, akar dari tanaman dan pohon ini akan menyerap air dengan baik sehingga air pun tak banyak yang menggenang di sungai maupun di selokan. Jika tanaman dan pohon meresap air dengan baik, maka akarnya pun akan menggenggam tanah dengan kuat sehingga longsor tanah pun dapat terelakkan.

Manfaat Menanam Tanaman di Sekitar Rumah

Menanam tanaman di sekitar rumah merupakan aksi peduli lingkungan yang paling mudah untuk dilakukan. Ya, menanam tanaman di sekitar rumah memiliki banyak manfaat, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

Merupakan kegiatan positif yang dapat dijadikan hobi sekaligus refreshing. Bagi anda yang belum pernah menanam pohon atau tanaman apapun, anda patut mencobanya.

Ya, saat kita belajar untuk menanam tanaman dan tanaman tersebut hidup, berbuah dan berbunga, anda akan merasakan kepuasan dan kebahagiaan tersendiri. Hal ini pun sebagai ajang pembuktian diri bahwa anda pun bisa membuat makhluk hidup lain hidup dan terawat dengan baik. Kegiatan ini juga dapat mengurangi stress anda akibat kepadatan aktivitas dan tekanan hidup yang semakin meningkat.

Menanam tanaman di sekitar rumah dapat memperindah rumah dan lingkungan. Bunga-bunga yang tumbuh bermekaran dengan aneka bentuk dan warna tentunya akan memperindah rumah anda. Walaupun rumah anda sederhana dan tidak begitu besar, namun jika halaman rumah anda sejuk dan asri, dapat dipastikan rumah anda akan semakin cantik dan menarik.

Menanam tanaman dapat mengajarkan hal yang positif pada anak anda untuk menyayangi sesama makhluk hidup. Ya, anak tentunya akan belajar dari orang tua. Jika sang orang tua menyayangi makhluk hidup tentunya sang anak pun akan melakukan hal yang sama. Jika anda menginginkan anak anda peduli terhadap lingkungan maka anda pun harus mencontohkannya, bukan?

Menanam tanaman dapat menghemat pengeluaran. Dengan menanam aneka sayuran dan buah-buahan yang mudah ditanam seperti cabai, kentang, wortel, bawang merah dan putih, mangga, rambutan dan masih banyak lagi selain membuat rumah anda sejuk dan asri, anda pun dapat menghemat uang belanja karena jika anda butuh, anda tinggal memetik di halaman anda.

Selamat Bertanam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s