Memulai Menanam Tanaman di Rumah

Menanam Pohon Sebagai Wujud Rasa Syukur

Lingkungan yang asri pastinya menjadi suatu kondisi yang diinginkan oleh sebuah masyarakat. Pada dasarnya, manusia diaugerahi oleh Tuhan rasa menyayangi baik sesama manusia maupun sesama makhluk hidup.

Makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan diciptakan oleh Tuhan adalah untuk dipelihara oleh manusia. Tanpa kehadiran hewan dan tumbuhan tentunya kehidupan manusia tak akan dapat berlangsung karena rantai kehidupan bekerja sebagai salah satu hukum alam yang tak dapat dipungkiri.

Begitu pula sebaliknya, hewan dan tumbuhan pun tidak akan dapat bertahan dengan optimal jika tidak ada manusia yang memeliharanya.

Sebut saja perkawinan silang antara bunga anggrek tutul dan anggrek bulan. Tentunya mereka tidak akan dapat disilangkan tanpa campur tangan manusia bukan? Begitu pula dengan berbagai jenis tanaman pangan lainnya yang tentunya akibat campur tangan manusia tanaman-tanaman tersebut semakin optimal dalam pertumbuhan dan produksinya.

Langkah-langkah Menanam Tanaman di Sekitar Rumah

Salah satu cara mensyukuri anugerah Tuhan akan diciptakannya tumbuhan adalah dengan turut merawatnya di rumah. Menanam tanaman di rumah merupakan kegiatan sederhana yang berdampak luas.

Dalam budaya kita pun, menanam tanaman merupakan suatu kegiatan yang tak asing lagi sebagai bukti rasa syukur kita terhadap Tuhan. Tidak sulit untuk memulai menanam tanaman. Bagi anda yang ingin ikut serta aktif dalam pelestarian lingkungan, anda dapat memulai dari hal yang paling mudah yakni menanam tanaman di rumah.

Siapkan tempat

Tanaman tentunya membutuhkan tempat atau lahan untuk hidup. Jika anda memiliki lahan di sekitar rumah anda yang masih kosong, anda dapat memanfaatkannya untuk ditanami berbagai macam tanaman yang anda sukai.

Namun sebaliknya, jika seluruh area rumah anda sudah penuh dengan berbagai kebutuhan ruangan anda maka anda dapat memanfaatkan pot bunga untuk dijadikan tempat atau lahan bertanam. Pot bunga ini dapat anda gantung atau anda tempatkan di teras rumah anda. Selain bersih dan hemat tempat, penggunaan pot bunga ini tetap dapat menjadikan rumah anda asri dan hijau.

Siapkan bibit tanaman yang anda sukai

Menanam tanaman di rumah dapat dimulai dengan mencari tanaman apa saja yang anda sukai entah itu dari segi bentuk daun, warna bunga, bentuk bunga, dan sebagainya.

Bagi anda yang masih pemula, anda dapat mencoba untuk menanam tanaman dengan perawatan yang paling mudah dan simple, kaktus misalnya. Kaktus ini dapat anda jadikan sebagai ajang percobaan merawat tanaman karena perawatannya yang simple dan mudah.

Jika anda sudah lulus merawat kaktus, cobalah merawat jenis tanaman lain. Cukup anda datangi toko yang menjual bibit tanaman dalam polybag sehingga anda dapat dengan mudah memindahkan tanaman ke pot atau tanah yang telah anda sediakan. Jangan lupa pula untuk menanam pada pagi atau sore hari saat suhu udara masih tidak terlalu panas.

Siapkan metode pemeliharaan

Jika anda belum paham dengan pasti cara memelihara tanaman yang anda inginkan, jangan ragu untuk bertanya pada penjual tanaman maupun siapapun juga yang berpengalaman.

Telitilah cara menyirami tanaman yang baik, kapan waktu yang tepat, seberapa banyak jumlah air yang dibutuhkan, dan sebagainya.

Cermati pula penggunaan pupuk yang tepat. Selain itu, jangan lewatkan pemeliharaan tanaman dari aneka macam hama dan gulma dan tanaman pengganggu yang bisa berupa rumput liar, ilalang maupun tanaman penganggu lainnya.

Jangan menyerah jika tanaman perdana anda gagal atau mati karena Menanam tanaman di rumah bukan hal yang mudah dan membutuhkan banyak latihan.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s