Membantu Alam, Menjaga Lingkungan

Alam memang memiliki kemampuan untuk merespon tindakan apa saja yang dilakukan manusia terhadapnya. Begitu pula ketika manusia melakukan perbuatan-perbuatan yang menimbulkan dampak negatif bagi alam; maka alam pun akan bereaksi melalui serangkaian peristiwa alam yang merugikan manusia sendiri.

Bencana banjir dan tanah longsor misalnya. Keduanya terjadi karena manusia tidak mampu menjaga lingkungan dengan baik; membuang sampah sembarangan, menebang pohon tanpa pertimbangan matang, menggunduli hutan, dan sebagainya.

Belakangan ini, beragam bencana alam menghantam berbagai belahan bumi akibat lalainya manusia dalam merawat lingkungan dan menjaga keseimbangan alam. Apakah kita akan terus menerus begitu?

Membantu Alam Agar Tetap Lestari

Berbagai hal dapat manusia lakukan demi membantu alam agar tetap lestari dan memberikan manfaat-manfaat bagi manusia. Mulai dari hal kecil hingga besar; semuanya bisa dijalankan asalkan manusia memiliki kepedulian atau kesadaran untuk melakukannya.

Beberapa di antara sekian banyak hal yang bisa kita usahakan untuk merawat lingkungan sekaligus membantu alam adalah sebagai berikut:

Mengurangi produksi sampah anorganik

Sampah anorganik merupakan sampah-sampah yang tidak mudah diurai oleh tanah; bukan sampah yang sifatnya alami. Contoh dari sampah anorganik adalah kertas, kaleng, plastik, dan masih banyak lainnya.

Sudah menjadi tugas alam untuk menguraikan sampah-sampah anorganik ini agar tidak mengganggu keseimbangan alam. Sayangnya, sampah anorganik seperti plastik atau yang bahan pembuatnya mirip dengan plastik ini sangat sulit diurai oleh alam.

Butuh waktu bertahun-tahun untuk menguraikan sampah plastik sementara jumlahnya semakin bertambah setiap harinya. Oleh karena itu, dengan mengurangi pemakaian barang yang terbuat dari plastik, kita telah membantu alam sekaligus menjaga lingkungan kita dari pencemaran dan kerusakan fungsi.

Menanam pepohonan di sekitar tempat tinggal

Pohon-pohon tidak hanya bisa menghasilkan sumber makanan untuk manusia, seperti buah; tetapi lebih dari itu. Adanya pepohonan akan menciptakan lingkungan yang sejuk dan segar karena oksigen yang diproduksinya. Di samping itu, pepohonan pun bisa membantu menetralkan polusi yang terlanjur terjadi di sekitar tempat tinggal.

Mengurangi zat kimia

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan bisa terlepas dari penggunaan zat kimia. Mulai dari mandi di pagi hari, kita telah memakai zat kimia dalam sabun, pembersih rumah, makanan yang kita makan, dan seterusnya.

Sementara itu, zat kimia tidak terpakai yang terbuang ke alam (tanah) akan memberikan pengaruh yang signifikan apabila terjadi terus menerus; air bekas cucian yang mengandung detergen misalnya, bisa menimbulkan pencemaran air dan tanah. Untuk menguranginya, pilihlah bahan-bahan yang sedikit mengandung zat kimia.

Memakai barang-barang ramah lingkungan

Sekarang ini, sejumlah produk-produk rumah tangga, mulai dari peralatan hingga perlengkapan termasuk makanan; telah memiliki label ‘ramah lingkungan’; yang artinya barang tersebut cukup bersahabat dengan alam dan lingkungan. Menggunakan barang-barang dengan label tersebut berarti telah mengurangi potensi gangguan atau pencemaran terhadap lingkungan.

Menjaga Lingkungan: Tugas Kita Semua

Tak perlu mengharapkan bantuan atau inisiasi dari pemerintah untuk memulai program penjagaan lingkungan dan penyelamatan alam. Kita bisa memulainya dari rumah, dari diri kita sendiri; untuk selanjutnya menyebarkan semangat yang sama kepada orang lain.

Mengapa demikian? Karena kita lah yang paling bertanggung-jawab atas apa yang terjadi pada alam. Selain itu, jika alam bereaksi negatif; kita juga kan, yang paling merasakan dampaknya? Jadi, mari berlatih untuk membantu alam dalam menjaga keseimbangannya agar kebaikannya tetap bisa kita rasakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s