Lingkungan Sehat Dengan Gaya Hidup Yang Tepat

Sudah menjadi kewajiban setiap orang untuk menjaga dan merawat kebersihan lingkungannya. Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk membuat lingkungan semakin bersih dan sehat. Menerapkan gaya hidup yang sehat dan tepat dapat memberikan pengaruh terhadap lingkungan sekitar.

Gaya hidup sehat memang bisa membantu tercapainya lingkungan yang asri dan sehat. Jika setiap keluarga memiliki halaman rumah yang ditumbuhi oleh tumbuhan hijau, udara dan suasana yang nyaman akan bisa dicapai dengan mudah. Tumbuhan hijau memang dapat memproduksi gas oksigen dari gas karbondioksida.

Kerusakan lingkungan yang ada saat ini memang memberikan dampak yang buruk bagi keseimbangan hidup manusia. Banyak bencana alam terjadi akibat dari perubahan alam kearah yang tidak baik ini.

Teknologi yang semakin meningkat kadang kala justru memberikan dampak yang tidak baik untuk lingkungan sekitar. Produk – produk buatan manusia yang kurang ramah lingkungan memberikan andil yang besar atas kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini.

Untuk mengurangi kerusakan yang ada dan mungkin memperbaikinya, kia harus mengubah gaya hidup dan melakukan berbagai hal yang baik untuk lingkungan. Perubahan yang baik akan bisa membawa kita kepada lingkungan yang lebih baik pula.

Hemat energy untuk lingkungan hidup yang asri

Banyaknya energy yang dihabiskan untuk hal – hal yang kurang bermanfaat menjadikan kerusakan lingkungan semakin terlihat. Menghemat pengeluaran dan pengunaan energy alam akan membantu anda mendapatkan lingkungan yang lebih asri.

Salah satu perubahan yang baik adalah dengan mengganti penggunaan bohlam lampu dengan neon kecil atau CFL. Neon yang berukuran lebih kecil dari bohlam ini memang sudah dikenal sebagai lampu dengan daya hidup yang jauh lebih lama dibandingkan dengan produk – produk bohlam pada umumnya.

Tidak hanya memiliki daya tahan yang lebih lama, CFL juga tidak membutuhkan energy yang besar. Untuk bisa memberikan cahaya, CFL hanya membutuhkan seperempat dari energy yang dibutuhkan oleh bohlam biasa.

Selain mengganti bohlam dengan neon kecil yang lebih hemat, anda juga dapat mengganti jenis kendaraan anda. Kita tahu bahwa polusi dari asap yang dihasilkan oleh pembuangan kendaraan bermotor telah banyak menyebabkan kerusakan pada lingkungan. Karena alasan inilah, polusi udara ini harus segera dikurangi bahkan dihilangkan.

Kendaraan dengan bahan bakar gas bisa menjadi solusi untuk anda. Namun, saat ini kendaraan dengan bahan bakar gas belum terlalu banyak tersedia.

Untuk masalah ini anda dapat pula men – tune – up kendaraan anda menjadi lebih ramah lingkungan dan bebas polusi.

Penuhi lingkungan dengan tumbuhan hijau

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, tumbuhan yang hijau akan sangat membantu memperbaiki kerusakan lingkungan yang ada. Banyak jenis pohon yang baik untuk ditanam pada titik – titik polusi udara.

Saat ini pemerintah baik pusat maupun daerah telah melakukan upaya penghijauan di lokasi – lokasi yang biasa menjadi lokasi yang berpolusi. Daerah sepanjang pinggir jalan raya menjadi lokasi yang tepat untuk ditanami tumbuhan hijau.

Polusi udara yang disebabkan oleh gas buangan kendaraan bermotor dijalan akan bisa diserap dan digantikan dengan udara yang lebih segar oleh pohon – pohon yang ditanam di pinggir jalan tersebut.

Tidak hanya untuk mengurangi polusi, pohon yang tumbuh tinggi juga akan bisa memberikan ruang public yang lebih teduh dan nyaman untuk para pejalan kaki. Suasana yang lebih nyaman dan teduh membuat para pejalan kaki lebih senang.

Walaupun begitu, jarak antar tanaman harus tetap diperhatikan. Terlalu banyak menanam tanaman akan bisa menghasilkan gas karbondioksida. Dengan jarak tanam yang tepat, oksigen dan udara yang segar akan bisa dihasilkan dengan lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s