Berwisata Ramah Lingkungan

Wisata atau liburan merupakan salah satu aktifitas yang bisa dilakukan untuk membantu anda dalam mengurangi kepenatan akan keseharian anda yang sibuk pada urusan kantor dan juga urusan rumah. Oleh karena itu, jika saat ini anda sedang dalam rencana untuk mengadakan liburan, maka liburan yang ramah lingkungan adalah liburan yang sangat disarankan bagi anda yang ingin melepas penat.

Lantas, liburan seperti apa yang bisa dianggap sebagai liburan yang bisa melepas penat? Liburan yang alami seperti itu hanya didapatkan jika kita mengunjungi berbagai wisata alam yang tersebar di berbagai tempat.

Namun, anda pun harus menyadari bahwa saat berwisata, anda harus tetap menjaga keseimbangan lingkungan. Dengan begitu, anda akan turut menjaga keindahan dan kealamiannya. Ketika mengunjungi wisata alam, sebisa mungkin anda juga harus berlaku ramah kepada lingkungan. Disini kami akan menyiapkan beberapa tips yang harus anda lakukan sebelum dan ketika berwisata ke tempat wisata alam.

Persiapan Sebelum Wisata

Pastikan Tujuan wisata

Poin yang pertama ini merupakan poin penting yang harus anda perhatikan dengan baik, karena dengan perencanaan yang matang anda bisa menghemat bahan bakar. Anda harus tahu bahwa dengan memastikan tujuan wisata, selain menghemat bahan bakar, anda bisa meminimalisir polusi yang akan dibuat oleh kendaraan bermotor anda.

Pastikan transportasi

Jika anda bisa menentukan alat transportasi yang akan anda gunakan, maka anda juga bisa melakukan gerakan penghematan bahan bakar serta gerakan anti polusi. Jika menggunakan pesawat untuk liburan, maka polusi yang akan dihasilkan tentunya akan lebih besar. Namun, jika saat ini anda menentukan untuk menggunakan mobil, penggunaan bahan bakar bio bisa membantu anda untuk mengurangi resiko polusi.

Pembawaan Bekal

Membawa bekal merupakan hal yang bisa anda pikirkan lebih dalam. Persiapan bekal merupakan hal yang penting karena akan membantu anda melakukan penghematan. Penghematan makanan ini bisa dialokasikan ke oleh-oleh.

Cek Rumah

Jika anda meninggalkan rumah, maka banyak hal yang harus anda perhatikan. Yang pertama, anda harus mematikan segala penggunaan alat listrik. penggunaan alat listrik sangatlah itidak diperlukan.

Kemudian mematikan keran air juga harus dilakukan. Hal ini bisa membantu anda untuk menghemat sumber daya yang alami. Penggunaan air bersih secara hemat bisa membantu anda untuk hidup lebih hemat energi.

Selama di Lokasi Wisata

Beberapa tips diatas harus anda aplikasikan. Sebagai manusia yang baik, maka harusnya selama berwisata pun, kita sebagi pengunjung harus bersikap menjaga. Jadi, ada beberapa hal yang selama liburan harus dilakukan. Hal tersebut adalah:

  • Memilih penginapan yang tepat. Lingkungan penginapan yang tepat untuk sebuah penginapan adalah lingkungan yang memiliki pengolahan sampah yang baik. Pengolahan sampah yang baik akan membuat lingkungan semakin lebih bersih dan semakin menarik.
  • Jika anda membeli makanan, pastikan bahwa anda memilih makanan yang tidak dibungkus oleh sterofoam.
  • Jika anda suka sekali minum, maka anda janganlah membeli botol minum air mineral terlalu sering. Lebih baik anda membawa tempat minum untuk diisi ulang. Jadi, anda sudah turut serta menjaga lingkungan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s