Berkendara yang Ramah Lingkungan

Lingkungan yang baik merupakan lingkungan yang terjaga keseimbangannya. Jadi, jika saat ini anda belum merasa menjadi penduduk yang bisa melakukan gerakan go green, maka sekarang ini anda harus tahu bahwa ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyelamatkan lingkungan.

Cara menyelamatkan lingkungan tidak hanya bisa dilakukan dengan membersihkan lingkungan dan melakukan penghematan energi, namun jika anda bisa berkendara dengan sistem yang ramah lingkungan, maka anda bisa saja melakukan beberapa tips di bawah ini untuk berkendara dengan ramah di lingkungan anda.

Jika anda sudah memiliki mobil, maka anda harus tahu bahwa melakukan perawatan merupakan hal yang penting mengingat semua hal yang bersangkutan kepada kesehatan kendaraan bermotor akan sangat berpengaruh terhadap polusi atau gas buangan yang akan dikeluarkan oleh motor.

Sekalipun ada mobil yang menggunakan embel-embel hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, bukan berarti polusi tidak akan dihasilkan. Polusi tentu saja akan tetap dihasilkan, jadi, kita akan mengikuti beberapa tips dibawah ini untuk membantu anda dalam berkendara dengan ramah untuk lingkungan yang lebih baik.

Berkendara Dengan benar

Seperti yang kita tahu, saat ini banyak sekali kendaraan otomatis dimana penggunanya sering kali berlaku sembarangan. Jadi, untuk lebih berkendara dengan ramah, ada baiknya saat ini kalian yang menggunakan kendaraan bermotor mulai berkendara dengan benar. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi dampak polusi kendaraan bermotor, yaitu:

Berkendara pelan tapi pasti. Sebagai informasi saja, berkendara tidaklah harus ngebut dimana anda melakukan pengemudian dengan kecepatan yang tidak stabil. Jika anda berkendara dengan kecepatan yang kurang stabil, maka anda akan menghabiskan banyak sekali bahan bakar.

Jadi, berkendaralah dengan kecepatan yang stagnan atau kecepatan yang sama. Dengan begitu, anda akan menggunakan bahan bakar dalam kendaraan bermotor anda lebih hemat 10 %. Kemudian, resiko terbentuknya gas buangan yang lebih banyak pun akan terhambat.

Kemudian yang kedua adalah dengan merencanakan perjalanan. Dengan merencanakan perjalanan dengan baik, baik jarak dekat maupun jarak jauh, maka anda pun bisa mendapatkan kemudahan untuk memilih rute.

Jika rute yang anda pilih semakin lama semakin pendek, maka anda harus tahu bahwa bahan bakar yang akan digunakan pun semakin lama semakin sedikit. Jadi, penghematan sumber daya alam bisa anda lakukan bukan?

Memperhatikan tangki bensin. Salah satu hal yang paling penting yang harus anda lakukan setiap sebelum anda berkendara adalah memperhatikan tangki bensin. Seperti yang kita ketahui, membiarkan tangki bensin kosong terlalu lama tidaklah baik untuk kendaraan anda.

Jadi, jika anda merupakan pengguna motor atau mobil, pastikan anda mengisi kendaraan anda dengan bahan bakar penuh minimal seminggu sekali. Selain memelihara mesin, hal ini bisa membantu anda untuk menghemat bensin juga. Jika kendaraan bermotor anda bisa memiliki mesin yang baik, maka polusi yang dihasilkan juga tidaklah terlalu banyak.

Parkir yang Benar dan Minimalisir Penggunaan Kendaraan Bermotor

Tidak banyak yang mengetahui bahwa ternyata memarkir motor atau mobil dengan benar akan membawa banyak dampak bagi lingkungan. Anda harus tahu bahwa memarkir kendaraan di tempat yang sejuk akan menghindarkan anda dari panas menyengat. Selain itu, anda juga membantu proses untuk mengurangi evaporasi bahan bakar tentunya.

Kemudian, anda juga harus tahu bahwa menggunakan kendaraan pribadi di saat pergi jauh sangat disarankan daripada anda harus menggunakannnya setiap hari untuk destinasi lokal. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi resiko polusi pada lingkungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s