Saatnya Melakukan Kewajiban Kita

Sebagai umat manusia yang telah diberikan kenikmatan dan rahmat yang berlimpah oleh Tuhan, sudah saatnya kita membalas dan melakukan kewajiban kita sebagai umat manusia yang baik. Apabila kita dapat melakukan kewajiban kita dengan baik, maka Tuhan juga akan membantu kita dalam melakukan semua hal.

Salah satu contoh melakukan kewajiban dan melakukan timbal balik atas anugrah yang telah Dia berikan adalah dengan menjaga kondisi bumi kita. Semua umat manusia mempunyai kewajiban menjaga kondisi bumi yang kita tinggali ini.

Namun, tidak semua umat manusia melakukan hal tersebut sebagai salah satu ungkapan rasa syukur atas semua yang telah Dia berikan.

Bumi kita ini sedang dalam kondisi yang tidak stabil. Pepohonan yang seharusnya menjadi tempat berlindung bagi hewan dan salah satu alat yang sangat alami untuk memperbaiki kondisi udara yang ada di bumi ini kian menipis.

Banyak orang yang tidak bertanggung jawab menebang pohon sesuka hati mereka dan tidak menanami kembali agar pohon tersebut dapat tergantikan.

Oleh karena perbuatan itu, kita semua harus menanggung akibatnya. Suhu di bumi kita semakin meningkat dan banyak bencana terjadi karena manusia tidak melakukan kewajiban dengan baik.

Hak dan kewajiban harus seimbang

Setiap manusia memang memiliki hak untuk dapat menikmati apa yang ada di atas bumi ini. Namun, hak tidak berjalan tanpa adanya kewajiban. Apabila kita sudah mengambil apa yang menjadi hak kita dengan mengambil apa yang ada di atas bumi ini, maka kita juga harus melakukan kewajiban menjaga kondisi bumi kita ini dengan baik.

Tuhan memang mengijinkan kita untuk menikmati apa yang ada di bumi ini untuk kepentingan kita. Namun, Tuhan juga mengharapkan kita untuk melakukan kewajiban kita dengan baik.

Kita harus melakukan kedua hal tersebut dengan seimbang. Apabila kedua hal tersebut sudah cukup seimbang, maka kita dapat menikmati apa yang ada dengan penuh tanggung jawab.

Selain itu, keadaan bumi tidak akan menjadi semakin buruk dan bumi yang kita tempati akan menjadi asri dan sejuk kembali. Dampak yang dapat kita rasakan tidak hanya kita nikmati untuk generasi kita saja, namun anak cucu kita juga akan merasakan bagaimana nikmatnya hidup di dunia kita yang memiliki kondisi yang baik dan nyaman ini.

Bayangkan apabila anda tidak melakukan kewajiban untuk menjaga kondisi bumi kita ini, maka anak cucu kita akan memperoleh kondisi bumi yang buruk di masa yang akan datang dan mereka akan mengalami kesulitan yang tidak dapat kita bayangkan.

Lakukan kewajiban dengan menjaga lingkungan

Salah satu hal yang dapat kita lakukan dalam kewajiban menjaga kondisi bumi kita ini adalah dengan menjaga lingkungan yang kita tinggali. Menjaga lingkungan dapat berupa berbagai hal. Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah meminimalisir adanya polusi yang terjadi di sekitar kita.

Kita tidak perlu melarang orang lain untuk membuang sampah di sembarang tempat atau melarang orang lain untuk tidak naik kendaraan bermotor. Yang perlu kita lakukan adalah memulai segalanya dari diri kita sendiri dan menjaga lingkungan dimulai dari sekarang.

Kita tidak perlu menunggu dampak yang buruk datang dan menimpa kita, namun kita dapat memulai sekarang dan dimulai dari diri kita sendiri.

Daripada kita repot-repot menyuruh orang, maka kita dapat melakukan kewajiban kita sebagai umat manusia dengan diri kita sendiri. Setelah diri kita sendiri terbiasa, maka kita dapat membiasakan hal tersebut pada anak-anak kita dan keluarga kita yang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s