Ramah Lingkungan dengan Cara Sederhana

Isu lingkungan di tengah masyarakat Indonesia dan dunia saat ini tentu bukan hal yang asing lagi karena semakin hari semakin banyak saja berita mengenai penderitaan yang harus dialami oleh masyarakat akibat kerusakan lingkungan.

Tentu kerusakan lingkungan tersebut tidak lain dan tidak bukan terjadi karena campur tangan manusia pula yang enggan memperhatikan kelestarian lingkungan bahkan dari hal yang paling kecil sekalipun.

Banyak orang yang menyalahkan rusaknya lingkungan sungai oleh industri yang membuang limbah sembarangan tanpa mengolahnya agar lebih aman dan ramah terhadap lingkungan terlebih dahulu.

Banyak pula orang yang menyalahkan industri kelapa sawit yang menggunduli hutan hujan hanya untuk ditanami tanaman kelapa sawit.

Akan tetapi, tidak banyak orang yang bertanya kepada dirinya sendiri mengenai andil apa yang sudah mereka lakukan dalam proses kerusakan lingkungan tersebut.

Pada kenyataannya, sampah rumah tangga misalnya, ternyata bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan lingkungan.

Ramah lingkungan bisa dilakukan dengan hal yang sederhana dan dimulai dari diri sendiri sehingga kita tidak perlu muluk-muluk untuk mengikuti gerakan pecinta lingkungan tertentu untuk menjadi lebih ramah dengan lingkungan.

Hemat

Banyak hal yang kita lakukan demi kepraktisan, tetapi rupanya hal tersebut justru membawa dampak buruk bagi lingkungan karena rupanya ada berjuta-juta orang di dunia yang juga melakukan hal yang sama.

Salah satu ancaman yang sangat besar terhadap kelestarian lingkungan adalah sampah yang kian hari kian bertambah seiring dengan bertambahnya tingkat konsumsi manusia.

Banyak dari kita yang memilih cara praktis seperti untuk menghilangkan haus yaitu dengan membeli minuman kemasan yang botol plastiknya akan dibuang setelah minuman di dalamnya habis diminum.

Sudah saatnya kita mengurangi konsumsi botol plastik karena di Samudera Pasifik ada pulau yang terbentuk akibat terkumpulnya sampah plastik.

Ada baiknya kita mengganti kebiasaan ini dengan cara membawa bekal minum dari rumah yang bisa digunakan berulang-ulang.

Selain itu, sudah saatnya kita mengurangi konsumsi kantong plastik baik untuk belanja sederhana maupun belanja besar. Tidak ada salahnya membawa barang belanjaan dengan satu atau dua tangan saja jika memang jumlah barang belanjaan tidak banyak.

Kita perlu pula menyediakan kantong belanjaan yang bisa dibawa kemana-mana agar kita tidak perlu menggunakan kantong plastik lagi untuk membawa barang belanjaan.

Selain berhemat dalam penggunaan botol plastik dan kantong plastik, kita juga perlu menghemat energi misalnya dengan cara menyalakan lampu yang diperlukan saja di malam hari dan mematikan lampu pada siang hari.

Hemat air adalah hal yang lain yang sederhana, tetapi berdampak sangat besar terhadap kelestarian lingkungan.

Peduli Lingkungan Sekitar

Jika sikap ramah lingkungan sudah dilakukan melalui kebiasaan yang dilakukan oleh diri sendiri, hal selanjutnya yang harus dilakukan untuk lebih ramah lingkungan adalah memberikan perhatian terhadap keadaan lingungan di sekitar kita.

Menanam pohon adalah salah satu langkah penting yang seharusnya disadari oleh kita semua. Tentu menanam pohon di lahan yang luas akan sangat membantu produksi oksigen yang akan turut andil dalam menyejukkan lingkungan serta menjaga penyerapan air tanah.

Akan tetapi, menanam tanaman sederhana termasuk memanfaatkan ruang yang ada di sekitar tempat tinggal untuk menanam tanaman bisa jadi merupakan langkah sederhana yang bisa dilakukan sebagai bentuk tindakan ramah lingkungan yang nantinya juga akan ramah secara finansial karena jenis tanaman tersebut bisa dipilih dari jenis tanaman konsumsi. Selain remah lingkungan, lingkungan tempat tinggal akan menjadi lebih hijau dan segar tentunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s