Permasalahan Lingkungan

Lingkungan alam merupakan tempat dimana kita tinggal dan juga beraktifitas. Akan tetapi, perkembangan zaman terutama teknologi selain memberi banyak kemudahan untuk manusia efek negatifnya justru berdampak pada lingkungan alam seperti zat sisa pembuangan dan polusi.

Pencemaran lingkungan hidup yang merupakan akumulasi dari efek negatif dari perkembangan zaman sudah mulai sulit ditanggulangi sendiri oleh lingkungan alam. Bertambahnya berbagai jenis kegiatan industri seperti pertambangan dan berbagai macam pabrik pengolah hasil alam lainya telah berpengaruh besar dalam mengganggu ekosistem di lingkungan hidup dan lingkungan alam.

Sebenarnya alam mempunyai kekuatan untuk bertahan dari berbagai jenis efek negatif dari kegiatan industri. Namun karena ekosistem alam yang mulai berkurang karena beberapa kegiatan seperti penebangan pohon, sungai yang beralih fungsi menjadi tepat sampah dan juga polusi dari alat pertambangan benar-benar merusak ekosistem alam dengan drastis.

Sumber utama dari permasalahan lingkungan adalah hubungan antara mahluk hidup yaitu antara manusia, tumbuhan dan binatang atau lebih dikhususkan pada hubungan antara manusia dan alam sekitar.

Bahkan ada salah satu cabang ilmu yang khusus mempelajari hubungan antar mahluk hidup dengan lingkungan hidup dan timbal baliknya dalam ilmu ekologi. Para ahli dan ilmuan ekologi dari seluruh dunia inilah yang mengamati bagaiman hubungan dan timbal balik antar manusia dan lingkungan alam khususnya.

Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup merupakan kesatuan dan sistem dari ruang dan semua komponen, daya atau kekuatan, makhluk hidup dan keadaan, yang temasuk di dalamnya adalah manusia beserta manusianya.

Perilaku manusia merupakan perilaku salah satu mahluk hidup yang paling berpengaruh dalam kelangsungan lingkungan hidup untuk semua mahluk hidup yang termasuk untuk kesejahteraan manusia sendiri.

Manusia yang mempunyai kelebihan akal dan fikiran selalu menginginkan perekembangan dari segala bidang terutama bidang teknologi dan industri. Banyaknya penemuan teknologi yang merupakan hasil buah pemikiran manusia yang memberikan manfaat bagi manusia belum tentu memberikan manfaat bagi lingkungan alam.

Baik secara sadar atau tak sadar, kini mulai banyak pihak yang mengeksploitasi lingkungan alam dengan jumlah melebihi batas yang bisa disediakan alam.

Mahluk hidup

Dari pengertian diatas, pasti anda faham bahwa mahluk hidup merupakan pihak yang selalu memanfaatkan dan menggunakan hasil yang diberikan oleh lingkungan hidup sepeti kebutuhan pangan, kebutuhan papan, kebutuhan sandang, hingga kebutuan respirasi.

Salah satu mahluk hidup yaitu manusia merupakan mahluk hidup yang berada di puncak sistem ekosistem hubungan antara mahluk hidup dan lingkungannya.

Dalam hal ini manusia adalah pihak yang mampu memiliki keinginan untuk mengkonsumsi dan juga mengkreasi berbagai macam sumber daya alam untuk kelangsungan hidupnya.

Namun lingkungan hidup yang berupa alam ternyata menyediakan sumber daya yang terbatas.

Meskipun di alam terdapat komponen lingkungan dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui, alam juga membutuhkan waktu dalam memproses produksi sumber daya alam tersebut.

Masalah utama dalam krisis sumber daya alam sebenarnya dikarenakan konsumsi manusia lebih tinggi dari jumlah ketersediaan yang ada.

Berkurangya jumlah sumber daya alam juga mempengaruhi kondisi alam itu sendiri.

Terdapat berbagai sumber daya alam yang memiliki perilaku dan sifat yang bermacam-macam dan saling berhubungan dan berinteraksi dalam hubungan yang bermacam-macam.

Jika salah satu kondisi lingkungan terganggu, maka efek berantai akan juga mempengaruhi dengan hubungan dan interaksi dengan mahluk hidup yang lain bahkan manusia.

Sebenarnya bukan lingkungan alam yang membutuhkan manusia, tapi manusialah yang lebih membutuhkan lingkungan alam.

Dengan banyaknya terjadi berbagai masalah lingkungan, memang sudah seharusnya bagi manusia untuk membantu dan memperbaiki kondisi lingkungan alam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s