Peran Aktif Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah

Ada banyak masalah di negara kita yang mungkin lebih penting dari sekedar mengurus masalah sampah. Akan tetapi, kita tidak bisa memungkiri bahwa sampah bisa jadi menjadi salah satu sebab beberapa masalah yang menimbulkan penderitaan bagi banyak orang yang juga merupakan penduduk Indonesia.

Sampah menjadi salah satu faktor yang menyebabkan banjir di Jakarta yang merupakan masalah yang terus saja muncul dari tahun ke tahun. Selain itu, sampah juga bisa menimbulkan konflik di tengah masyarakat sebagaimana yang terjadi di salah satu tempat penampungan sampah terbesar di ibu kota.

Pemerintah boleh saja menjadi pihak yang bertanggung jawab untuk mengelola sampah, tetapi tanpa peran aktif dari masyarakat sendiri, masalah sampah tidak akan pernah terselesaikan dengan baik dan efektif. Oleh karena itu, sudah saatnya pemerintah bergerak bersama masyarakat untuk mengelola sampah agar lebih ramah lingkungan dan lebih menguntungkan.

Pengelolaan Sampah Berbasis Komunal

Sekali lagi, peran aktif msyarakat dalam mengelola sampah sangat perlu ditingkatkan sehingga untuk membuat pengelolaan sampah yang berbasis komunal, ada beberapa proses yang harus diperkenalkan dan dilakukan oleh masyarakat setempat.

Proses paling awal yang akan melibatkan masyarakat secara langsung adalah proses pengelolaan, pemilahan, dan pemrosesan sampah tahap awal dari tempat produksi sampah yakni masyarakat itu sendiri khususnya lingkungan rumah tangga.

Proses ini berguna paling tidak untuk mengurangi jumlah sampah yang harus diangkut ke TPS sehingga bebab TPS mengalami pengurangan.

Proses pengelolaan sampah rumah tangga tahap awal bisa dilakukan dengan mengelola sampah organik menjadi pupuk kompos dan memilah sampah anorganik dengan mempertimbangkan kemungkinan daur ulang.

Fungsi TPS perlu ditingkatkan dengan pembuatan IPSO (Instalasi Pengolahan Sampah Organik) yang berfungsi untuk pendampingan pengelolaan sampah rumah tangga mengingat beberapa jenis sampah anorganik masih mempunyai nilai ekonomi yang cukup menguntungkan.

Pengelolaan sampah tahap selanjutnya bisa dilakukan di lingkungan rumah tangga yang mempunyai TPS. TPS tersebut akan beralih fungsi menjadi tempat pengolahan sampah terpadu dengan hasil berupa kompos, sampah yang bisa didaur ulang, dan sampah yang tidak bisa didaur ulang.

Pengangkutan sisa akhir sampah merupakan tahap terakhir berupa sampah yang tidak bisa didaur ulang yang akan berakhir di TPA. Di TPA tersebut, sampah akan dibakar dengan menggunakan incinerator.

Tujuan Pengelolaan Sampah Komunal

Dari proses pengelolaan sampah secara komunal tersebut, terdapat rantai proses yang berawal dari rumah tangga menuju TPS berbasis desa. Masyarakat dilibatkan secara langsung sebagai pengelola yang bisa juga bertindak sebagai pemilik industri rumahan yang berasal dari sampah tersebut.

Cara penanganan sampah secara komunal ini mempunyai tujuan tentu saja. Salah satu tujuan pengelolaan sampah komunal ini adalah sebagai cara untuk membudayakan cara pembuangan sampah yang lebih baik yang dimulai dari lingkungan rumah tangga hingga ke TPS dengan menggunakan tempat sampah berupa boks maupun kantong sesuai dengan jenis sampah yang ada.

TPS tidak lagi hanya digunakan sebagai tempat penampungan sampah melainkan juga sebagai tempat pemanfaatan dan pengelolaan sampah organik serta anorganik seoptimal mungkin. Jika ada sampah baik organik maupun anorganik yang tersisa dari pengelolaan sampah komunal, sisa sampah tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembangkit listrik serta biogas yang lebih berbasis pada pengelolaan sampah kota.

Mata rantai distribusi sampah dari TPS menuju TPA yang memakan biaya serta menjadi beban tersendiri bagi TPA bisa terputus dengan pengelolaan sampah berbasis komunal ini. Usaha baru mungkin saja tercipta di tengah masyarakat karena masyarakat kini sudah lebih mandiri dalam mengelola sampah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s