Pencemaran Lingkungan: Dampak dan Pencegahan

Sebagai manusia, tentu kita akan memanfaatkan apa yang disediakan alam untuk kepentingan kita karena memang manusia dikaruniai dengan kepandaian untuk mengolah segala sesuatu yang disediakan alam demi mendukung kehidupan manusia itu sendiri.

Akan tetapi, manusia acap kali lupa bahwa alam juga perlu dijaga dan dilestarikan karena kerusakan alam akan berdampak besar yang akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia di muka bumi.

Eksploitasi terhadap alam yang berlebihan tentu akan merusak lingkungan dan membuat manusia merasakan imbasnya cepat atau lambat.

Sikap dan kebiasaan yang tidak ramah dengan lingkungan cepat atau lambat juga akan membawa dampak buruk bagi manusia. Rupanya dampak-dampak kerusakan lingkungan tersebut mulai dialami oleh manusia termasuk di wilayah Indonesia.

Dampak Pencemaran Lingkungan

Kepunahan spesies merupakan salah satu dampak pencemaran lingkungan terutama yang terjadi di darat dan air.

Tidak bisa dipungkiri bahwa polutan berbahaya yang ada di darat dan di air mungkin saja terpapar atau termakan oleh berbagai jenis binatang dan tumbuhan dengan tingkat kekebalan yang berlainan sehingga banyak di antaranya yang bisa mati karena polutan yang ada di habitat mereka.

Ledakan hama juga menjadi dampak lain pencemaran lingkungan yang tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Ledakan hama ini terjadi karena matinya predator akibat pemakaian insektisida sehingga hama akan berkembang tanpa terkendali selain resistensi hama tertentu terhadap pemakaian insektisida.

Keseimbangan lingkungan juga akan terganggu karena rantai makanan dan jaring-jaring makanan akan berubah dengan berubahnya susunan dan jumlah spesies yang terlibat di dalamnya.

Sebagai akibatnya, daur materi serta biokimia juga akan terganggu. Insektisida kimia yang digunakan oleh banyak petani juga akan mematikan hewan pengurai di tanah yang pada akhirnya akan berimbas pada pengurangan kesuburan tanah.

Insektisida nyata menyebabkan dampak polusi pada lingkungan dan rupanya insektisida juga bisa menyebabkan keracunan dan penyakit karena insektisida tersebut akan tertinggal dan mengendap di permukaan hasil panen sayur, buah, dan bahkan ikan.

Pemekatan hayati juga terlihat dengan penumpukan bahan pencemar pada tumbuhan yang kemudian dimakan oleh hewan lain yang akan semakin meningkatkan kadar pencemar dalam tubuhnya.

Pemanasan global yang diakibatkan oleh efek rumah kaca merupakan dampak besar kerusakan lingkungan yang benar-benar harus diwaspadai selain terbentuknya lubang ozon pada atmosfer bumi.

Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan

Mencegah jaun lebih baik daripada mengobati. Pepatah ini juga berlaku dalam hal pencemaran lingkungan karena memperbaiki lingkungan yang terdampak oleh pencemaran tentu akan jauh lebih sulit terlebih jika ada salah satu spesies yang punah akibat pencemaran tersebut.

Kita tidak bisa membeli populasi spesies yang sudah punah tersebut di toko mana pun di muka bumi. Oleh karena itu, ada baiknya kita mulai lebih sadar dan melakukan beberapa tindakan pencegahan pencemaran lingkungan misalnya dengan menempatkan daerah industri jauh dari kawasan pemukiman penduduk.

Pembuangan limbah tentu perlu diatur dan diolah terlebih dahulu sehingga tidak akan mencemari lingkungan.

Penggunaan pestisida serta zat kimia yang mungkin akan menimbulkan pencemaran juga harus diawasi dengan lebih ketat.

Penghijauan sangat perlu dilakukan di berbagai tempat di Indonesia terutama untuk menjaga suplai oksigen serta menjaga air tanah.

Oknum yang melakukan pencemaran lingkungan perlu ditindak dengan tegas tentunya.

Selain itu, masyarakat perlu juga disadarkan agar lebih sadar akan lingkungan dan mencintai lingkungan. Banyak orang yang lupa akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Akan tetapi, membuang sampah pada tempatnya saja tidak cukup karena kita juga perlu menerapkan sistem pengelolaan sampah yang ramah lingkungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s