Jenis Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan bukan sekedar isu lagi karena berbagai bukti pencemaran lingkungan sudah terlihat dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak bisa dipungkiri bahwa mungkin kita sendiri mempunyai andil yang cukup besar dalam pencemaran lingkungan yang terlihat di lingkungan kita sendiri.

Pencemaran lingkungan tersebut cepat atau lambat pasti akan memberikan dampak tersendiri dalam kehidupan kita. Paling tidak pencemaran lingkungan sudah merusak pemandangan kita sehari-hari.

Pencemaran lingkungan tersebut bisa kita temukan di berbagai tempat, tetapi pada dasarnya pencemaran lingkungan terbagi menjadi beberapa jenis jika dilihat dari tempat terjadinya pencemaran tersebut. Berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai jenis pencemaran lingkungan beserta sebab dan akibat pencemaran lingkungan itu sendiri.

Pencemaran Udara

Polusi udara terutama di kota-kota besar mungkin sudah bukan hal asing lagi. Sebab-sebab dari pencemaran udara tersebut tidak lain dan tidak bukan berasal dari kegiatan manusia sendiri.

Karbon dioksida merupakan salah satu jenis polutan yang menyebabkan pencemaran udara dan dihasilkan oleh pabrik, mesin berbahan bakar fosil, dan kendaraan. Polusi oleh karbon dioksida ini bisa jadi akan mengakibatkan efek rumah kaca yang akan menyebabkan peningkatan suhu bumi.

Karbon monoksida merupakan jenis polutan lain yang disebabkan oleh pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna dan bisa menimbulkan kematian.

CFC merupakan penyebab polusi udara yang sering digunakan sebagai pendingin lemari es, AC, dan bahkan hairspray. Gas ini mempunyai andil besar dalam terbentuknya lubang ozon pada atmosfer bumi.

Gas SO dan SO2 sebagai hasil dari pembakaran bahan bakar fosil dapat bereaksi dengan gas nitrogen oksida bersama air hujan sehingga membentuk hujan asam yang berbahaya bagi manusia dan bangunan.

Asap rokok merupakan sebab lain pencemaran udara, tetapi merokok sendiri memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia.

Pencemaran Air dan Tanah

Pencemaran air dan pencemaran tanah sebenarnya tidak bisa dipisahkan karena biasanya tanah yang tercemar akan menyebabkan air di sekitarnya juga tercemar demikian pula sebaliknya.

Penyebab pencemaran air diantaranya adalah limbah pertanian terutama yang mengandung polutan berupa sisa insektisida dan pupuk organik. Pemakaian insektisida bisa pula mematikan biota sungai yang pastinya akan berbahaya jika biota tersebut dimakan oleh manusia karena akan menyebabkan kematian pula.

Untuk menghindari pencemaran ini, ada baiknya insektisida yang digunakan berspektrum sempit dan biodegradable. Tidak lupa, penggunaan insektisida tersebut juga harus sesuai dengan aturan.

Pemakaian pupuk organik yang berlebihan bisa membuatnya terlarut dalam air dan menyebabkan blooming ganggang serta tumbuhan air yang mengganggu kadar oksigen dan masuknya sinar matahari ke dalam air.

Pencemaran air akibat limbah rumah tangga juga sering dijumpai dan sampah yang dibuang sembarangan merupakan salah satu penyebab banjir yang melanda di berbagai tempat di Indonesia.

Limah industri yang dibuang ke sungai maupun laut tanpa pemrosesan terlebih dahulu mengakibatkan pencemaran air tentu saja yang akan mengancam kelangsungan hidup berbagai biota air.

Penangkapan ikan dengan memakai racun maupun bom menyebabkan kerusakan lingkungan yang tidak bisa dipungkiri.

Pencemaran tanah sendiri secara umum disebabkan oleh penumpukan sampah baik organik maupun anorganik yang tidak dikelola dengan baik yang berasal dari limbah rumah tangga, industri, pasar, kegiatan pertanian, peternakan, dan lain sebagainya.

Sebagai akibat dari tanah yang tercemar, kehidupan mikroorganisme dalam tanah tentu akan terganggu sehingga kesuburan tanah juga akan berkurang. Sifat kimia dan fisika tanah juga mengalami perubahan sehingga tanah tersebut tidak lagi sesuai untuk pertumbuhan tanaman.

Selain itu, pencemaran tanah tersebut juga akan mempengaruhi keseimbangan ekologi dan bahkan mengubahnya secara total.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s