Jaga Lingkungan dari Sekarang

Sebagai umat manusia, sudah merupakan salah satu kewajiban kita kalau semua umat manusia harus menjaga lingkungan tempat tinggalnya.

Lingkungan menjadi bagian paling penting dalam kehidupan kita, karena di lingkungan tersebut kita hidup dan berinteraksi.

Bayangkan apabila lingkungan rumah anda rusak karena bencana dan kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan kita? Bayangkan tempat dimana anda tinggal menjadi rata dan anda tidak memiliki tempat lagi untuk tinggal.

Tentu saja hal itu akan menjadi mimpi yang sangat buruk bagi anda. Oleh karena alasan tersebut, kita sebagai manusia harus memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan tempat kita tinggal dengan baik.

Hal paling penting yang bisa kita lakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan. Bagaimana perasaan anda apabila anda melewati suatu daerah yang memiliki lingkungan yang kotor? Tentu saja anda akan merasa prihatin dan sekaligus jijik melihat lingkungan yang kotor di depan anda.

Mulai dari diri sendiri

Dalam melakukan usaha jaga lingkungan kita, seharusnya tidak perlu menunggu orang lain atau pemerintah menganjurkan. Sebaliknya, kita juga tidak perlu berkoar-koar dan memerintah orang lain untuk menjaga lingkungan kita dengan baik apabila perilaku kita masih tidak sepadan dengan apa yang kita katakan.

Hal penting dalam menjaga lingkungan adalah memulai dari diri kita sendiri. Apabila kita memulai dari diri kita sendiri, maka orang lain yang melihat kita justru akan dengan penuh kesadaran mengikuti apa yang kita lakukan.

Kita tidak perlu repot-repot meminta orang lain untuk menjaga lingkungan yang kita tinggali. Namun, mereka akan melihat perilaku kita dalam menjaga lingkungan dan mereka akan mencontoh perilaku yang kita lakukan.

Contoh yang nyata adalah suatu ajakan secara tidak langsung namun sangat efektif dibandingkan kita harus berteriak-teriak menyuruh orang untuk menjaga lingkungan dari kotoran yang akan menimbulkan bencana. Jaga lingkungan kita mulai dari sekarang dan kita harus mengawali semuanya dari diri kita sendiri.

Jadikan sebagai kebiasaan

Bagaimana caranya dalam menjaga lingkungan dan memulainya dari diri kita sendiri?

Kita dapat memulai segalanya dengan mudah. Satu contoh yang paling tepat dan paling mudah adalah dengan membuat semuanya menjadi kebiasaan kita.

Kebiasaan adalah suatu hal yang selalu kita lakukan setiap saat. Apabila kita sudah terbiasa melakukan suatu hal yang baik, maka kita akan selalu melakukan hal tersebut kapanpun dan dimanapun kita berada.

Seperti contohnya, kita memiliki kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, maka setiap kita selesai makan ataupun kita akan membuang sampah, kita akan terbiasa mencari tempat sampah. Apabila kita tidak menemukan tempat sampah, maka dengan sendirinya kita akan menyimpan sampah tersebut hingga kita menemukan tempat sampah.

Kebiasaan baik seperti itulah yang harusnya kita miliki dan lakukan. Apabila kita memiliki kebiasaan yang baik, maka kita akan dapat menjaga lingkungan kita dengan baik. Jadi, dengan membuat semua perilaku dalam menjaga lingkungan menjadi suatu kebiasaan yang kita miliki, maka kita dapat menjadi contoh yang baik dalam menjaga lingkungan.

Jaga lingkungan kita mulai dari sekarang dan jadikan hal tersebut menjadi kebiasaan hidup sehari-hari. Apabila kita dapat melakukan hal tersebut, maka bencana dapat kita hindari. Selain itu, kita juga dapat memiliki lingkungan yang lebih asri dan lebih indah.

Apabila kita memiliki lingkungan yang seperti itu, tentu saja kita sendirilah yang akan menikmatinya. Jangan tunggu lingkungan kita rusak, jaga dari sekarang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s