Cegah Pemanasan Global Sekarang

Pernahkah anda mendengar istilah pemanasan global?

Tentu saja anda akan menjawab “iya” atas pertanyaan tersebut.

Pemanasan global adalah sesuatu yang sedang kita hadapi saat ini, ketika suhu yang tinggi terdapat di permukaan bumi dan musim yang semakin tidak menentu.

Penyebab dari pemanasan global yang sedang terjadi adalah karena kesadaran manusia untuk menjaga kondisi bumi kita ini semakin menipis. Kita manusia hanya dapat menggunakan apa yang ada di atas bumi ini tanpat berpikir untuk kembali membentu atau mengembalikan seperti semula.

Contoh yang paling dekat adalah Kalimantan. Bagaimana orang-orang yang tidak bertanggung jawab menebang pohon dengan seenak mereka dan membakar hutan hanya untuk dijadikan lahan bisnis tanpa berpikir dampak yang timbul karena ulah mereka.

Mereka juga tidak berpikir bagaimana cara memulihkan semuanya agar keadaan menjadi normal. Yang ada di pikiran mereka hanyalah bagaimana meraup keuntungan yang sebanyak-banyaknya dari alam tersebut.

Cara mencegah pemanasan global

Mungkin efeknya belum begitu terasa bagi anda. Namun, apabila kita biarkan hal ini terus berlangsung maka dampak yang akan terjadi akan semakin besar. Dampak terbesar adalah es yang ada di Kutub Selatan dan Kutub Utara akan mencair dan akan terjadi banjir dan tsunami di banyak tempat.

Dapatkah anda membayangkan semua itu terjadi? Tentu saja hal yang buruk akan terjadi apabila semua es mencair.

Untuk itulah, kita dapat menjaga kondisi bumi dengan baik. Kita harus dapat menjaga dengan baik agar bumi yang kita tempati dapat tetap terjaga kelestariannya. Dalam mencegah pemanasan global, kita dapat mengurangi pemakaian peralatan yang membuat bertambahnya pemanasan global.

Salah satu contohnya adalah pemakaian AC. Memakai AC memang menjadi hal yang menyenangkan apalagi kita tinggal di daerah yang panas dan kering. Memakai AC di ruangan tertutup dapat membuat ruangan dimanapun anda berada menjadi lebih dingin dan sejuk. Namun, memakai AC berlebihan dapat membuat pemanasan global menjadi lebih cepat.

Selain itu, kita juga dapat mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, atau menjaga kondisi kendaraan bermotor yang kita miliki dalam keadaan prima sehingga tidak menyebabkan adanya polusi. Kendaraan bermotor adalah salah satu hal yang menyebabkan cepatnya pemanasan global terjadi.

Untuk mengurangi polusi udara, kita dapat mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dengan cara berjalan kaki atau naik sepeda apabila tujuan kita sudah dekat, dengan begitu, kita dapat menjaga kondisi bumi dan membuat menjadi lebih baik.

Menanam Pohon

Cara di atas adalah perilaku yang harus kita lakukan sehari-hari, namun untuk mencegah pemanasan global dalam waktu yang panjang, kita dapat mengajak keluarga dengan menanam pohon di lahan yang tersedia di sekitar rumah kita.

Dengan menanam pohon, kita dapat membuat kondisi tanah menjadi lebih stabil dan kita juga dapat membuat lingkungan menjadi lebih asri. Dengan adanya pohon, maka penyerapan air dan karbon dioksida akan menjadi lebih baik. Pohon yang ada akan memberikan kesan teduh dan membantu kita untuk membentuk oksigen.

Dampak jangka panjang yang dapat kita rasakan adalah udara yang ada di sekitar kita akan menjadi lebih sejuk dan dingin meskipun siang hari.

Kita dapat mengajak keluarga kita untuk menanam pohon bersama-sama dan mencanangkan program satu orang satu pohon bersama dengan keluarga kita sendiri. Setelah kita tanam pohon tersebut, kita harus menjaganya agar dapat tumbuh dan menjadi pohon perindang yang ada di lingkungan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s