Aplikasi Praktis Menghemat Energi di Tingkat Rumah Tangga

Meskipun energi adalah sesuatu yang kekal, namun menghemat energi tetap merupakan hal yang penting dan sepertinya harus dilakukan. Mengapa?

Karena beberapa sumber atau media penyimpan energi yang lazim di konsumsi semakin menipis sehingga pengguna atau konsumen energi perlu melakukan konversi ataupun substitusi sumber energi.

Salah satu sumber energi yang ditengarai akan segera mengalami krisis adalah sumber energi dari bahan bakar fosil. Diperlukan waktu jutaan tahun untuk melakukan proses alami guna menghasilkan minyak bumi, gas alam dan juga batubara.

Sedangkan kecepatan konsumsi bahan bakar fosil manusia jauh lebih cepat dibanding waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan suplai bahan bakar fosil baru; atas dasar itulah penghematan bahan bakar fosil merupakan sesuatu yang sangat rasional dan patut dilakukan oleh semua orang.

Konsumsi Energi Yang Bijaksana

Munculnya kebijakan nasional mengenai pencabutan subsidi BBM dan konversi bahan bakar minyak ke gas merupakan salah satu cara guna menekan jumlah konsumsi minyak bumi. Di sisi lain; butuh lebih dari sekedar mencabut subsidi jenis bahan bakar minyak tertentu dan mengajak konsumen bahan bakar minyak untuk beralih ke bahan bakar gas.

Menggugah dan memasyarakatkan penghematan energi dalam bentuk apapun jauh lebih penting sebagai sebuah bagian dari program jangka panjang untuk menciptakan masyarakat sadar penghematan energi.

Memilih barang atau alat rumah tangga yang hemat energi atau menggunakan tipe energi yang dapat diperbarui seperti listrik dan tetap melakukan penghematan dapat menjadi langkah sederhana yang dapat dilakukan setiap orang yang menjadi konsumen energi.

Ada beberapa tindakan cerdas dan bijak seputar penghematan energi yang dapat dilakukan setiap orang sebagai upaya menjalani gaya hidup hemat energi dan sadar akan kelestarian lingkungan. Menggunakan atau menyalakan alat listrik secara cermat dapat menjadi awal sederhana yang dapat dilakukan oleh setiap orang.

Memilih atau membeli alat listrik yang hemat energi dan juga tidak membebani lingkungan akibat sampah yang dihasilkan juga merupakan tindakan sederhana yang harus mulai dipikirkan dan juga segera dilakukan.

Menggunakan pesawat televisi atau monitor komputer yang hemat energi; berumur panjang dan tidak menggunakan elemen yang meracuni tanah dapat menjadi bentuk kontribusi pelestarian lingkungan pada masyarakat modern.

Selain itu tindakan lain yang lebih sederhana seperti menggunakan lampu hemat energi yang memiliki jangka waktu pemakaian yang panjang juga merupakan sebuah bentuk kontribusi positif untuk lingkungan dan penghematan energi yang dapat dilakukan oleh setiap orang.

Memulai Tindakan Menghemat Energi Dari Rumah

Selain itu ada hal lain yang dapat dilakukan seputar penghematan energi di tingkat rumah tangga. Membuat desain rumah yang ramah lingkungan dan hemat energi merupakan tindakan yang bijaksana dan dapat dilakukan oleh siapapun.

Rumah dengan desain hemat energi dapat dimulai dengan mendesain sistem ventilasi dan pencahayaan yang memungkinkan sirkulasi udara dan cahaya secara alami. Sirkulasi udara alami yang tertata dengan baik serta memanfaatkan lahan disekitar rumah sebagai daerah hijau dapat meningkatkan kualitas udara dan juga menjadi alternatif penggunaan air conditioner guna menurunkan suhu dalam ruangan dan memperbaiki kualitas udara.

Sedangkan penggunaan listrik untuk penerangan dalam rumah pada siang hari dapat ditekan dengan cara sederhana yaitu menggunakan cahaya matahari sebagai sumber cahaya alami di siang hari.

Dengan perhitungan yang baik dan cermat dalam membuat desain; ruangan di dalam rumah tetap dapat dijangkau oleh cahaya matahari pada siang hari sehingga dapat meminimalisir penggunaan listrik untuk pencahayaan dalam ruangan pada siang hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s