Menata Rumah Sederhana dan Minimalis

Rumah yang sederhana dan minimalis bukan hambatan untuk menjadikannya nyaman. Dengan permainan ide yang bagus, dapat memberikan kesan lapang pada rumah Anda. Kunci utama pada penataan rumah dengan lahan yang terbatas adalah cermat dan teliti dalam pembagian ruang atau space yang didasarkan pada fungsi ruang tersebut dengan penataan dekorasi rumah, perabot, atau warna.

Tips agar rumah sempit terasa lapang

Rumah sempit bukan berarti tidak bisa dibuat lapang. Anda tidak perlu membongkar seluruh bagian rumah apalagi sampai membeli tanah atau rumah baru. Dengan permainan dekorasi rumah yang baik, kenyamanan pada rumah Anda yang sederhana dan minimalis dapat ditingkatkan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan di rumah:

1. Efisiensi ruang

Manfaatkan tiap sisi rumah dengan baik. Jika ada ruang yang kosong, bisa dimanfaatkan dengan menempatkan barang-barang dengan rapi. Jangan membeli barang-barang yang berukuran maksi karena akan memakan banyak ruang dalam rumah Anda. Anda bisa menempatkan lemari atau kabinet yang tidak gemuk misalnya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan jarak penempatan barang-barang tersebut.

2. Faktor pencahayaan

Kesan lapang akan didapatkan pada rumah Anda jika terdapat pencahayaan yang cukup. Pencahayaan yang baik akan memberikan atmosfer yang cerah pada rumah Anda sehingga tidak menimbulkan kesan sumpek.

Untuk pemasangan lampu, sebaiknya gunakan lampu yang berwarna kuning dan putih. Lampu berwarna kuning memberikan kesan hangat. Sedang lampu berwarna putih memberikan kesan luas dan friendly.

3. Pengaturan jendela

Jika Anda sudah memberikan porsi untuk ventilasi dengan baik, selanjutnya adalah memperhatikan peletakan jendela. Sebaiknya gunakan kaca yang biasa saja dan tidak bermotif untuk memberikan kesan simple dan elegan. Peletakan jendela yang baik dapat menyokong pencahayaan pada ruang tersebut dan sirkulasi udara secara maksimal.

4. Cat berwarna terang

Warna-warna terang akan memberi kesan lapang. Sebaliknya, warna-warna gelap akan memberikan kesan sempit, sumpek, dan suram. Anda bisa menggunakan warna-warna halus seperti warna-warna pastel agar terkesan bersahabat dan membuat siapapun yang berkunjung merasa awet muda.

Jika Anda berkenan memakai wallpaper, pilih yang motif dan warnanya ringan seperti stripes atau kotak-kotak kecil. Mata Anda tidak akan cepat merasa jenuh memandangnya. Furniture atau perabot yang Anda gunakan juga jangan luput dari perhatian. Pilih yang desain dan warnanya sederhana. Anda bisa menggunakan warna-warna netral seperti hitam dan putih untuk memberikan keseimbangan penataan warna pada ruang rumah Anda.

5. Tangga untuk rumah dua lantai

Jika rumah Anda memiliki tingkat, gunakan tangga yang berbahan ringan agar tidak menimbulkan kesan sempit. Untuk lebar dan tinggi, jangan terlalu besar ukurannya karena akan membuat Anda cepat lelah ketika melewati tangga terlebih jika space-nya sempit.

6. Aplikasi cermin

Cermin akan memberikan refleksi ruangan pada rumah Anda sehingga memberikan kesan lapang. Anda bisa memanfaatkan cermin yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu banyak dipasang pada sudut-sudut tertentu di rumah.

Mari memulai dekorasi

Setelah mendapatkan beberapa inspirasi dari tips-tips di atas, Anda bisa memulai dekorasi rumah sederhana dan minimalis. Dengan mengaplikasikan tips-tips di atas, rumah sempit Anda akan berhasil disulap memberikan kesan lapang. Jika Anda harus membeli beberapa bahan untuk ditambahkan pada ruangan rumah, jangan lupa untuk merancang anggarannya dengan sebijak mungkin.

Anda juga bisa menggunakan barang bekas dan didaur ulang. Hasilnya tidak kalah indah dengan barang baru. Libatkan seluruh anggota keluarga Anda untuk mendapatkan ide yang lebih bervariasi sehingga meningkatkan kehangat keluarga Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s