Istana Alhambra: Bukti Kejayaan Islam di Negeri Matador, Spanyol

Kata Alhambra berasal dari Bahasa Arab yang berarti Merah. Alhambra sebenarnya adalah sebuah kompleks istana megah di Spanyol yang bergaya arsitektur Islam. Gaya arsitektur Islam ini tak lain adalah sentuhan seni dari salah seorang raja yang beragama Islam yang membangun Istana Alhambra di Spanyol ini.

Istana Alhambra ini adalah bukti masa kejayaan Islam yang berhasil menempati salah satu wilayah di negeri matador ini. Selain istana kerajaan Islam di Spanyol, Alhambra juga berfungsi sebagai benteng yang kokoh berdiri melindungi istana kerajaan Islam dan para warga kerajaannya yang bermukim di dalamnya.

Istana sekaligus benteng ini berada di Granada, Spanyol dan dibangun oleh masa kekhalifahan Bani Umayyah yang telah berhasil menginjakan kaki dan mendirikan istana dan benteng yang megah dan indah ini. Para khalifah dan pembesarnya bertahun-tahun tinggal di istana ini sembari melakukan penyebaran agama Islam di kawasan perbatasan Granada.

Mereview lebih detail tentang Istana sekaligus Benteng Alhambra, anda akan semakin kagum dengan masa kejayaan Islam yang mampu bertahan dan bahkan berjaya di Benua Eropa ini. Istana Alhambra ini dibangun oleh kerajaan Bani Ahmar yang tak lain adalah Bangsa Moor yang berasal dari Afrika Utara. Bani Ahmar ini merupakan kerajaan Islam terakhir yang berkuasa di Eropa khususnya Spanyol.

Bila kita menilik lebih detail ciamiknya bangunan istana ini, ternyata sebagian keindahannya berasal dari dominasi ubin warna merah serta batu bata yang digunakan.

Dekorasi bangunan juga didominasi warna merah. Hanya beberapa bagian bangunan saja yang dihiasi warna putih seperti marmer.

Arsitektur Islami yang diaplikasikan pada Istana Alhambra ini membuktikan bahwa pada saat itu Islam sudah mempunyai peradaban terutama di bidang arsitektur yang sangat tinggi.

Pada awal berdirinya kerajaan Bani Ahmar di Spanyol, seorang tokoh islam yang bernama Thariq bin Ziyad mendapat tugas dari raja Islam di Afrika Utara yang bernama Musa bin Nusair. Thariq beserta bala tentaranya diutus ke Spanyol untuk memberikan kemerdekaan pada warga di Andalusia yang sekarang ini menjadi Granada, Spanyol dari kekacauan yang saat itu sedang terjadi.

Thariq dan tentaranya memasuki negara Spanyol melalui Selat Gibraltar pada tahun 711 M dan selat yang membentang antara Maroko dan Spanyol. Akses ini kemudian hingga kini diberi nama Jabal Thariq.

Selama sekitar delapan abad kerajaan Islam memerintah di Granada, Spanyol. Cordoba adalah ibu kota kerajaan Islam ini pada masa itu dan Cordoba diabadikan menjadi nama masjid megah dan besar di Granada yang kini beralih fungsi menjadi Gereja Santa Mariad e la Sede atau sebagian besar masyarakat dunia mengenalnya sebagai gereja Katedral Virgin of Assumption.

Pembangunan Istana Alhambra ini dilakukan secara bertahap yaitu pada tahun 1238 dan 1358 M.

Jika anda berkunjung di istana ini, anda akan melihat halaman istana yang dipenuhi dengan berbagai macam bunga yang indah dan anda juga akan menjumpai sebuah taman yang megah yang disebut sebagai Taman Singa.

Taman Singa ini dikelilingi 128 tiang yang menjulang tinggi. Bahan tiang ini adalah batu marmer yang terkenal sangat kokoh dan berwarna cerah.

Mengapa disebut sebagai Taman Singa?

Di tengah-tengah taman terdapat kolam raksasa yang dihiasi dengan air mancur yang keluar dari mulut patung-patung singa.

Layaknya istana-istana kerajaan lain, Istana Alhambra ini memiliki beberapa ruangan utama seperti ruangan Al-Hukmi sebagai ruangan pengadilan, ruangan Bani Siraj yang berisi kaligrafi-kaligrafi arab yang sangat indah, ruangan bersiram yang di dalamnya terdapat kolam raksasa yang berlantaikan batu marmer putih yang terlihat sangat bersih, serta ruangan perempuan bersaudara yang disebut sebagai Baitul-Al-Ukhtain yaitu ruangan khusus untuk dua saudara perempuan Sultan Al-Ahmar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s