Asal-Usul Perburuan Situs Keajaiban Dunia

Di dunia banyak tempat-tempat dan bangunan yang sangat mengagumkan. Istilah yang umum untuk mewakili nama tempat tersebut adalah sebagai keajaiban dunia.

Jangan salah, di dunia terdapat berbagai macam keajaiban dunia yang jumlahnya lebih dari 7. Dari sejak SD kita memang hanya dikenalkan oleh 7 keajaiban dunia, namun bukan berarti di dunia hanya terdapat 7 buah saja.

Sudah banyak daftar tentang keajaiban dunia yang sudah disusun dari jaman dulu hingga sekarang ini. Keajaiban dunia bisa berupa keajaiban dunia yang berupa tempat-tempat alam maupun bangunan struktur yang dibangun oleh manusia.

Semakin bertambahnya zaman, daftar tempat-tempat dan bangunan-bangunan yang menjadi keajaiban dunia semakin bertambah. Daftar pertama tentang keajaiban dunia dikenal dengan nama tujuh keajaiban dunia kuno yang merupakan pioneer dari daftar keajaiban dunia.

Angka tujuh dipilih karena bangsa Yunani karena mempunyai kepercayaan bahwa angka tujuh adalah angka yang sempurna. Oleh karena itu, sampai sekarang keajaiban dunia masih dibuat sebagai 7 daftar keajaiban dunia.

Pembuat daftar tujuh keajaiban dunia adalah sepasang sejarawan dan juga seorang kaum intelek. Mereka adalah Hedotus dan Callimachus of Cyrene. Mereka menulis daftar di museum Alexandria. Namun sayangnya, tulisan mereka sudah tidak berbentuk lagi tapi isinya masih dapat diabadikan.

Tujuh daftar keajaiban dunia yang mereka buat adalah Piramida raksasa Giza, kemudian taman gantung di Babylon, Patung Zeus di Olympia, Kuil Artemis di Ephesus, Mausoleum di Halicarnassu, Colossus dari Rhodes, dan terakhir adalah Mercusuar Alexandria.

Daftar tersebut dikenal sebagai kompilasi daftar keajaiban dunia di abad pertengahan karena ada beberapa situs yang sudah musnah. Dari ketujuh daftar tersebut, hanya piramida Giza yang masih tersisa.

Kemudian di abad 19 dan awal abad 20 an, beberapa penulis yang juga merupakan sejarawan menulis tentang daftar keajaiban dunia seperti keajaiban dari abad pertengahan, tujuh keajaiban di jaman pertengahan, dan lain sebagainya. Beberapa situs yang masuk ke dalam daftar ini adalah:

Stonehenge

Tumpukan batu yang membentuk pola lingkaran di Inggris. Batu-batu tersebut sangat besar sehingga seperti monument. Sampai sekarang para sejarawan bertanya-tanya bagaimana manusia pra serajah dapat mengangkat batu sebesar tersebut.

Colosseum

Tempat terkenal di Roma sebagai arena pertandingan bagi gladiator dan binatang buas yang menjadi hiburan pada saat jaman kerajaan romawi.

Great Wall of China

Tembok raksasa yang berada di perbatasan utara China yang dulunya diperuntukan untuk menghalau bangsa Mongol menyerbu wilayah China.

Catacombs of Kom el Shoqafa

Sebuah bangunan kuno yang dimanfaatkan sebagai makam. Struktur pembangunan yang kompleks dari mulai pondasi, interior, hingga setiap tinggat di bangunan tersebut merupakan salah satu keajaiban bangunan yang mengaggumkan.

Leaning Tower of Pisa

Menara yang dibangun oleh Bonanno Pisa ini memang unik. Meskipun sempat terhenti karena salah satu sisi pondasi ambles, namun setelah 90 tahun kemudian dilanjutkan oleh Tommano Simone dan akhirnya jadilah menara miring ini yang terkenal di Itali.

Selain bangunan-bangunan kuno, beberapa bangunan baru yang di bangun zaman modern juga ada yang mendapat predikat sebagai keajaiban dunia seperti gedung Empire State, Jembatan Golden Gate, dan Canal Panama.

Kemudian, situs-situs keajaiban alam juga mendapat sorotan seperti air terjun Niagara dan air terjun Angel Falls. Masih banyak tempat dan situs baik alami maupun buatan manusia yang unik sehingga mendapat predikat keajaiban dunia. Seiring bertambahnya waktu, maka semakin banyak tempat-tempat mengagumkan ditemukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s