3 Periode Keajaiban Dunia

Jika anda mendengar istilah keajaiban dunia pasti terpikirkan dengan salah satu tempat wisata di Indonesia yaitu Candi Borobudur. Benar sekali, Candi Borobudur sudah resmi ditetapkan sebagai salah satu keajaiban dunia.

Namun jangan salah, waktu pelajaran IPS waktu kita SD, keajaiban dunia diajarkan hanya terdapat 7 di dunia. Jika anda masih mempercayai bahwa hanya ada 7 keajaiban dunia, maka anda salah besar.

Seiring dengan bertambahnya zaman, kini mulai banyak tempat yang mulai ditetapkan sebagai keajaiban dunia mulai dari bangunan seperti menara Eifel, menara Pisa, Colosseum, Tembok Cina, jembatan Golden Gate dan juga obyek wisata alam yang mengagumkan seperti air terjun Niagara dan masih banyak yang lain.

Untuk memudahkan pembagiannya, keajaiban umumnya dibagi menurut zaman penentuan dan pembuatannya. Umumnya dibagi menjadi tiga zaman yaitu zaman modern, zaman pertengahan, dan terakhir adalah zaman pra sejarah.

Untuk keajaiban – keajaiban dunia di zaman modern anda pasti kenal dan tak asing dengan beberapa bangunan ini.

Keajaiban dunia pertama adalah tembok besar di China. Tembok raksasa yang dibangun di perbatasan utara China ini dibangun diantara abad ke 5 sebelum masehi hingga abad ke 16. Bangunan ini adalah bangunan yang paling panjang di dunia yang pernah dibuat oleh manusia sepanjang 6.400 kilometer.

Masih di keajaiban dunia zaman modern, kini sebuah patung di Brazil telah ditetapkan sebagai keajaiban dunia di tahun 2007. Patung tersebut adalah patung Jesus sang penebus di Rio de Janeiro. Patung ini dibangung di atas bukit yang sangat tinggi. Setelah diadakan polling, akhirnya patung Jesus sang penebus resmi ditetapkan sebagai keajaiban dunia yang baru pada tanggal 7 Juli 2007.

Kini kita beranjak ke keajaiban dunia dari zaman pertengahan. Anda pasti kenal dengan istilah menara miring dari Itali. Ya benar, menara Pisa merupakan keajaiban dunia dari zaman pertengahan. Pertama kali di bangun pada tahun 1174 oleh Bonanno Pisano.

Pada awal pembuatannya, menara pisa sempat terhenti di lantai ke tiga karena pondasi menara yang tenggelam sebelah. Kemudian setelah 90 tahun, Tommano Simone yang merupakan anak dari Andreo Pisano dengan Giovani di Simone berhasil menyelesaikan menara miring tersebut di pertengahan abad ke 14.

Di Roma sendiri terdapat keajaiban dunia yang terkenal yaitu Colosseum yang merupakan tempat dimana para raja-raja Roma mengadu para gladiator dan juga dengan binatang liar. Bangunan ini dibangun sekitar tahun 70 sebelum masehi.

Kemudian di Inggris ada susunan batu aneh yang dikenal dengan nama Stonehenge. Keajaiban dunia ini merupakan sebuah monument batu besar yang disusun dengan sengaja sehingga membentuk pola lingkaran.

Masih banyak ilmuan yang bingung bagaimana orang-orang zaman pra sejarah mampu mengangkat batu sebesar itu yang berjumlah 150. Diperkirakan monumen batu raksasa ini dibangun sekitar tahun 2000 sebelum masehi.

Kemudian keajaiban dunia dari zaman pra sejarah adalah piramida di Mesir. Para Paraoh dari Mesir merupakan orang-orang yang membangun piramida ini. Diperkirakan dibangun sekitar tahun 2560 sebelum masehi.

Piramida digunakan sebagai makan para raja-raja, dimana jenazah raja dikebumikan dengan cara di mumi. Piramida merupakan struktur bangunan bersejarah keajaiban dunia paling tua yang ditemukan oleh ilmuwan dari Yunani sejak 2.200 tahun yang lalu.

Sebenarnya ada juga piramida di tempat-tempat lain seperti piramida di Giza yang berjumlah 3 piramid. Namun piramida di Mesir merupakan piramida yang paling besar dengan tinggi mencapai 145 meter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s