Membuat Ruang Belajar di Kamar Anda

Pada jaman sekarang ini, anda akan sering menemukan rumah berukuran kecil. Hal tersebut dikarenakan lahan yang semakin mahal. Terkadang beberapa orang malah memilih untuk tinggal di apartemen yang menurut mereka jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli rumah di kota besar. Namun dimanapun anda tinggal, tentunya anda harus memiliki ruang belajar untuk mengerjakan beberapa tugas anda.

Jika anda tinggal di tempat yang memiliki ruangan terbatas, tentunya akan sulit bagi anda untuk menciptakan ruang belajar tersebut. Padahal ruang belajar merupakan kebutuhan yang sangat penting agar anda bisa berkonsentrasi dan belajar dengan efektif. Ruang belajar juga bisa digunakan untuk anda bekerja di rumah.

Sebuah ruang belajar bukan berarti harus ada di ruang tersendiri. Anda bisa membuat ruang belajar di dalam sebuah ruang tertentu. Ruangan yang paling tepat digunakan untuk membuat ruang belajar adalah kamar tidur. Anda bisa langsung bersantai jika memang sudah lelah belajar atau bekerja. Dibawah ini merupakan beberapa hal yang harus anda lakukan jika ingin membuat ruang belajar di kamar tidur anda.

Beberapa Hal Yang Pertama Kali Harus Anda Lakukan

Hal pertama yang harus anda lakukan jika ingin membuat ruang belajar di kamar anda adalah membersihkan kamar anda. Singkirkan semua benda-benda yang berserakan di kamar anda. Sebuah kamar yang berantakan akan mengganggu proses anda untuk belajar. Menempatkan semua benda-benda yang ada di kamar sesuai dengan tempatnya akan membuat belajar anda menjadi lebih efektif.

Pilihlah sebuah ruangan terbuka di kamar anda. Yang dimaksud dengan ruangan terbuka adalah salah satu sisi kamar anda yang tidak anda pakai untuk menaruh barang-barang atau furniture tertentu. Anda harus memilih tempat dimana anda bisa menaruh meja belajar dan kursi untuk dijadikan ruang belajar.

Sebaiknya anda memilih tempat yang tidak dekat dengan televisi ataupun pemutar musik karena benda-benda tersebut akan mengganggu anda belajar. Pilihlah kursi atau meja sederhana yang bisa sesuai dengan dekorasi kamar anda. Anda juga harus memilih kursi dan meja yang nyaman untuk digunakan. Jangan memilih meja atau kursi yang membuat sakit leher, punggung, tangan maupun kaki anda jika digunakan dalam waktu yang lama.

Hal-Hal Lain Yang Perlu Dipersiapkan

Langkah selanjutnya dalam membuat ruang belajar di kamar anda adalah menyediakan segala peralatan yang dibutuhkan untuk anda belajar seperti beberapa pulpen, pensil, botol tinta, penghapus, penggarus, gunting, kertas, kamus, kalkulator atau benda-benda lain yang memang anda butuhkan. Anda harus menyusun rapih segala peralatan tersebut diatas meja. Anda bisa menaruhnya pada cangkir atau alat lainnya yang bisa menyimpan peralatan tulis anda.

Ditengah meja belajar anda, anda bisa menaruh laptop atau notebook anda sehingga mudah untuk dijangkau. Anda bisa menaruh buku-buku atau berbagai berkas yang dibutuhkan untuk belajar pada laci meja atau rak khusus untuk berkas-berkas dan buku tersebut. Jangan lupa untuk memasang lampu yang bisa membuat anda belajar.

Pastikan anda mendapatkan cukup sinar lampu pada saat belajar sehingga mata anda tidak kelelahan. Sebaiknya anda memasang lampu pada dinding tertentu yang membuat sinar lampu langsung menuju pada meja belajar anda. Jangan menggunakan lampu meja karena hanya akan membuat meja anda terlihat penuh.

Anda membutuhkan meja yang rapih dan memiliki cukup ruang untuk anda menulis. Jika memang masih ada ruangan pada kamar anda, anda bisa memasang rak buku di ruangan tersebut untuk menaruh berbagai buku bacaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s