Keajaiban Di balik Pesona Pulau Komodo

Bagi anda warga Indonesia, siapa yang tidak kenal dengan Pulau Komodo?

Pulau Komodo ini terletak di Pulau Nusa Tenggara yang memiliki banyak pesona. Selain terkenal dengan hewan purba yang hingga kini masih eksis dan bertahan hidup di Tanah Air Indonesia, Pulau Komodo juga ternyata menyimpan beberapa keindahan yang tidak dimiliki oleh negara mana pun.

Apa saja keajaiban-keajaiban di balik Pesona Pulau Komodo ini?

Mari kita simak review seputar Pulau Komodo berikut ini.

Keajaiban yang pertama adalah pink beach atau pantai berpasir pink.

Tentu anda tidak terlalu familiar dengan istilah pink beach atau pantai berpasir pink. Bahkan kita menganggap pantai berpasir pink tersebut tidak ada karena umumnya pantai memiliki pasir berwarna putih, coklat, atau hitam. Namun ternyata terdapat tujuh buah pantai berpasir pink di dunia dan salah satunya adalah pink beach yang terletak di Nusa Tenggara terutama di kawasan Pulau Komodo.

Pasir pantai yang berwarna pink ini berasal dari campuran pasir yang berwarna merah dan putih yang bercampur rata sehingga tampak seperti berwarna pink dari kejauhan. Sungguh panorama pantai yang sangat indah dan unik jika kita berada di pantai yang memiliki warna pink ini.

Sebetulnya, pasir yang berwarna merah ini merupakan serpihan-serpihan koral merah yang hancur di dalam laut dan terbawa ombak hingga ke tepian pantai. Namun pasir asli dari pantai pink ini adalah pasir putih seperti pantai-pantai lainnya di Pulau Nusa Tenggara ini.

Kemudian keajaiban Pulau Komodo yang kedua adalah Taman Nasional Komodo yang tidak ada tandingannya.

Taman Nasional Komodo ini adalah taman bawah laut tempat ratusan spesies hewan laut hidup bebas.

Sebagian spesies laut baik hewan maupun tumbuhan ini adalah campuran antara hewan dan tumbuhan laut yang berasal dari Australia dan Asia.

Di sini kita dapat menikmati pemandangan bawah laut yang sangat indah dan pasti akan sangat memuaskan.

Bagi anda yang mempunyai hobi snorkling dan diving, anda pasti akan terkagum-kagum dengan ekosistem bawah laut yang penuh dengan terumbu karang serta spesies-spesies hewan dan tumbuhan laut warna warninya di bawah sana.

Para wisatawan yang sudah pernah berkunjung di Taman Nasional Komodo ini mengatakan bahwa Kehidupan bawah laut di Taman Nasional Komodo ini adalah surga bagi terumbu karang dan spesies-spesies hewan dan tumbuhan laut.

Menurut pihak pengelola Taman Nasional Komodo ini, sedikitnya terdapat 277 spesies hewan dan 253 spesies karang pembentuk terumbu yang hidup di Taman Nasional Komodo ini.

Kurang lebih 70 spesies sponge, ribuan spesies ikan, 14 spesies paus, kura-kura, dan lumba serta hiu dan dugong ikut memenuhi kawasan ini.

Dan sesuai dengan namanya, Pulau Komodo merupakan habitat asli dari hewan kadal rakasasa yang disebut dengan nama Komodo.

Komodo adalah hewan purba yang hingga kini masih eksis dan terjaga kelestariannya. Hewan ini pertama kali ditemukan oleh Pater Ouwens pada tahun 1910. Peter Ouwens adalah direktur zoology Bogor yang kini menjadi Kebun Raya Bogor.

Hingga kini populasi Komodo hanya sekitar 2.500 ekor dan hanya dapat ditemukan di Indonesia. Kita sebagai warga negara Indonesia yang baik, sebaiknya ikut membantu melestarikan hewan purba ini agar tidak punah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s