Beberapa Perbedaan British English dan American English

Sebagian besar orang termasuk saya juga pastinya mengetahui bahwa ada perbedaan pengejaan dalam bahasa Inggris British dan Inggris Amerika. Nah, dalam postingan kali ini saya akan coba membahas beberapa perbedaan tersebut. Mari kita mulai bahas dari “-ise” dan “-ize” serta “-our” dan “-or”

-ise dan -ize

Umumnya nih, orang British itu menulis kata-kata realise, visualise, dan stigmatise, sedangkan orang Amerika beda lagi, mereka menulisnya seperti “realize”, “visualize”, dan “stigmatize”. Perlu dicatat, makin kesini orang British makin banyak yang pakai -ize.

-our dan -or

Nah, dua imbuhan diatas adalah perbedaan umum yang sering kita dapati dalam pengejaan British dan Amerika. Rata-rata orang yang tinggal di UK menuliskan “colour”, “favour”, “honour”, dan “neighbour”. Sementara orang-orang Amerika menuliskan “color”, “favor”, “honor”, dan “neighbor”. Walaupun ejaan atau penulisannya berbeda, tapi pengucapannya sama.

Selain kasus-kasus diatas, ada juga perbedaan yang jarang diketahui:

-re dan -er

In London you would visit a thetre in the centre of town only a few metres from your flat.
In New york you would visit a theater in the center of town only a few meters from your apartmen.

-ce dan -se

Dalam Inggris Amerika, “se” digunakan dalam: defense, offense, pretense. Dan dalam British English, pengejaannya: defence, offence, dan pretence.

-yse dan -yze

Sebagai tambahan, ada juga perbedaan kata antara “yse” dan “yze”. Dalam British English penulisannya berakhiran “yse”, contoh: analyse dan paralyse. Sedang America menggunakan “yze”, contohnya: “analyze” dan “paralyze”.

Oe dan ae

Ada perbedaan antara “oe” dan “ae”. Dalam bahasa Inggris british, yang benarnya adalah “oestrogen” dan “aesthetic”, sementara dalam Inggris Amerika penulisannya adalah “estrogen” dan “esthetic”. Perhatikan kalau kedua kata tadi dimulai dengan huruf “e”.

“e” yang dihilangkan

Mayoritas penganut Inggris Amerika lebih cenderung menghilangkan huruf “e” dalam beberapa pengejaan, contohnya “aging” yang dalam British Englishnya adalah “ageing”, selain itu ada juga kata seperti “likable” dari asalnya “likeable”.

-ogue dan -og

Orang UK lebih memilih untuk memakai dialogue atau catalogue, tapi orang Amerika memilih untuk menuliskan dialog atau catalog. Perhatikan bahwa imbuhan “ue” dilewatkan dalam semua ejaan Inggris Amerika.

Double consonants

Orang yang pakai Inggris British umumnya lebih menyukai travellers dan travelling, sedangkan orang yang suka gaya Amerika lebih memilih untuk menggunakan travelers dan traveling. Perhatikan ada huruf yang hilang dalam contoh-contoh barusan.

yang lainnya

Para laki di British memiliki “moustaches”, sementara lelaki di Amerika memiliki “mustaches”. Di British orang suka menonton TV “programmes”, sementara di Amerika orang lebih suka menonton TV “programs”. Orang British lebih suka bayar pakai “cheque”, sementara orang Amerika lebih memilih mengeluarkan “check” untuk membeli barang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s