Different Than dan Different From

Ngobrolin aturan-aturan grammar bahasa Inggris bakalan nggak ada habisnya, contohnya adalah perbedaan “different from” dan “different than”. Kedua kata ini sudah digunakan dalam bahasa Inggris lama sekali, saking lamanya saya sampai lupa. Walaupun begitu, tetap ada perbedaan dalam pemakaian keduanya.

Sebagai contohnya, “different from” biasanya dipakai mendahului sebuah frase (kumpulan kata atau kalimat yang tidak lengkap). Namun, “different than” bisa digunakan juga untuk frase yang sama dan tidak merubah makna frase tersebut. Langsung saja saya kasih contohnya dibawah:

A Londoner’s accent is different from that of a Glaswegian’s accent

A Londoner’s accent is different than that of a Glaswegian’s accent

Bisa kita lihat kalau kedua ungkapan diatas bermakna sama.

“Different than” sebaiknya ditujukan saat mendahului sebuah clause (kumpulan kata yang memiliki subyek dan verb), tapi kita masih bisa menggunakan “different from” dengan menambahkan beberapa kata dalam kalimat itu. Yuk, mari kita lihat contohnya dibawah:

The street led to a “different” road “than” the map indicated.

The street led to a “different” road “from” the one the map indicated.

Atau: The street led to a “different” road “from” the one indicated on the map.

Jadi kedua penggunaan kata diatas benar selama kita menambahkan beberapa kata yang diperlukan.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan kedua ungkapan ini sebagai adverb (kata keterangan). Adverb adalah kata-kata yang memodifikasi verb (kata kerja) serta adjective (kata sifat) dan juga bisa biasanya berakhiran “ly”, seperti pada really, quickly, quietly, dll. Adverb dari “different” yaitu “differently” serta ada beberapa cara untuk menggunakan “differently than” dan “differently from”. Kita bisa menggunakan “differently than” dengan clause dan “differently from” untuk kalimat yang sama asalkan ada kata-kata tambahannya. Berikut ini adalah contoh-contohnya:

She looked “differently than” she had hoped after getting her hair cut and styled.

She looked “differently from” what she had hope after getting her hair cut and styled.

Jadi, seperti dalam bahasan kita diatas, kedua ungkapan diatas benar. Ada tapinya, dibutuhkan kata-kata tambahan dalam kalimat biar grammarnya benar. Tampaknya kedua bentuk kata ini “different from” dan “different than” bisa digunakan bergantian, walaupun begitu ada sedikit perbedaan diantara keduanya yang harus kita ketahui. Sebagai tambahan info, frase yang salah bila digunakan dalam kalimat yaitu “different to”. Biasanya kesalahan newbie kaya’ saya ini yaitu menggunakan “different to” untuk membandingkan dua hal yang berbeda. Kalau mau dianggap ahli bahasa Inggris, saran saya ya cuma pakai “different than” atau “different from”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s