Good dan Well

Banyak orang, termasuk saya, terkadang bingung dan tertukar antara penggunaan kedua kata ini. Yang pertama adalah “good” (sebuah adjective atau kata sifat), lalu yang kedua adalah “well” (sebuah adverb atau kata keterangan) dan biasanya digunakan untuk menjawab sebuah pertanyaan yang mengandung kata “how..?”. Sebetulnya sih dalam beberapa kasus, “well” juga bisa sebagai adjective (akan kita bahas dalam artikel ini).

Mari kita mulai dengan “good” dan contohnya. Sebagai adjective, kata ini digunakan untuk menjelaskan sebuah noun atau kata benda:

It is a book. She did a good job.

Pada kalimat diatas, “good” menjelaskan mengenai book dan job (dalam bentuk noun). Tapi, jika kita memberikan pertanyaan mengenai “job” dalam bentuk performa atau kualitasnya, maka kita harus menggunakan “well”: She did the job well. Intinya adalah kita menggunakan “well” saat berbicara mengenai performa, prestasi, atau hasil dari sesuatu. Sebaliknya, saat merujuk ke noun, kita pakai “good”. Saya coba kasih contoh lainnya deh:

She speaks French very well. She plays the piano well.

Penggunaan “well” diatas merujuk kepada perbuatan speaking dan playing (keduanya verb atau kata kerja).

You smell good! You look good!

Dalam kalimat singkat diatas, “good” menjelaskan you (sebuah pronoun a.k.a kata ganti) dan bukan bagaimana bau anda (smell) atau bagaimana penampilan anda “looking” (bentuk verb). Jika digunakan secara aktif, maka kita sebaiknya menggunakan “well”: He smells well despite having a bad cold. Dalam contoh tadi, perbuatan smell dijelaskan lebih detail.

Prinsip ini sejalan saat kita membicarakan mengenai empat indra yang ada (look, feel, smell, dan taste). Penggunaan “good” atau “well” sebetulnya sangat tergantung pada kata empat indra manusia tadi.

Namun, manakala kita merujuk ke kondisi kesehatan, kita memerlukan kata “well”: I don’t feel well today. he does not look well.

Dan tatkala kita membicarakan mengenai kondisi emosional atau kondisi mental, kita harus pakai “good”: She does not feel good about cheating in her exam.

Jadi, Jika seseorang bertanya kepada kita “How are you?” yang artinya orang tersebut menanyakan mengenai kabar kondisi kesehatan kita, maka harus dijawab dengan “well” atau “I am well, thanks” (di sini well menjadi adjective) atau I feel well today atau I don’t feel well today.

Selanjutnya, jika kita menganggap yang ditanyakan oleh orang lain adalah kondisi emosional, maka kita bisa menggunakan “good”: I feel good today atau I don’t feel good.

Nah, kalau agan takut salah memakai good atau well, mungkin lebih mudah untuk mengatakan: “I feel fine”, “I feel great”, atau “I feel ill”

Catatan kaki, adjective “good” biasanya sih dikombinasikan dengan noun (a good wine, a good book), sedangkan adverb “well” cocoknya sama kata-kata verb: She writes well. He plays football well.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s