Kesalahan Umum Dalam Grammar

Setiap harinya sebagian kecil orang melakukan kesalahan dalam menggunakan bahasa Inggris terutama dalam penggunaan tenses. Sebagai contoh, mayoritas orang akan senang saat bisa menggunakan simple tense atau past tense tetapi jarang memakai present perfect atau future tenses secara benar.

Menggunakan present perfect dengan baik sangatlah penting karena tenses ini sering dibutuhkan.

Kita membutuhkannya saat:

Ketika kita berbicara mengenai sesuatu yang sudah terjadi, tetapi tidak menyebutkan waktunya secara detail. Contohnya: “A plane has crashed in Solo”. Namun ketika kita tambahkan keterangan waktu dalam kalimat diatas, maka kalimat tersebut akan berubah menjadi past tense. Sebagai contoh: “At seven o’clock this morning, a plane travelling from Jakarta to Surabaya crashed in a field on the outskirts of Solo”.

Tatkala kita membicarakan mengenai kejadian yang sudah selesai, tetapi waktunya belum habis. Contoh: “I have had two cups of tea today”. Kejadian saya meminum teh sudah selesai, tapi hari ini (today) belum selesai dan saya masih bisa minum secangkir teh lagi.

Waktu kita membicarakan pengalaman dalam hidup, maka kita akan berbicara mengenai peristiwa yang sudah selesai, namun hidup kita belum selesai, jadi kita berpikir mengenai waktu yang belum selesai. “I have lived in Bandung” artinya sekarang saya sudah tidak tinggal di bandung lagi, tapi dulu saya pernah hidup di sana. Jika saya menambahkan keterangan waktu, maka saya harus memakai kalimat past tense. “I lived in Bandung from 2002 to 2009”.

Ketika kita berbicara mengenai kejadian di waktu lalu tetapi hasilnya masih ada sampai sekarang. Contohnya: “I have broken my arm”. kejadian tersebut pastinya sudah terjadi tetapi hasilnya masih ada dan bisa dilihat oleh semua orang sampai sekarang (tangan yang patah, broken arm).

Saat kita membicarakan mengenai peristiwa yang sudah berlangsung di waktu lampau, tetapi masih berlanjut sampai sekarang. Contoh: “I have lived here since 2002”. Saya sudah tinggal di sini sejak tahun 2002 dan masih tinggal di sini sampai hari ini. Sama juga dengan “I have lived here for nine and a half years”. Saya mulai tinggal di sini sejak sembilan setengah tahun lalu dan saya masih tinggal di sini sekarang.

Bentuk future sangat sulit digunakan karena fleksibel dan merefleksikan maksud si pembicara. Dan kesalahan umum yang dilakukan oleh sebagian besar orang yang baru belajar bahasa Inggris adalah saat membicarakan rencana masa depan menggunakan kata “will”.

Will seharusnya tidak digunakan untuk membicarakan rencana masa depan sebelum waktunya dibicarakan. Sebenarnya bisa saja, tapi jika keputusan akan rencana masa depan tersebut diambil saat membicarakannya, umumnya saat merespon sebuah pertanyaan. Contoh: “Would you like a drink?” “Yes, I’ll havea cup of tea please”. Anda tidak merencanakan untuk minum segelas teh sebelum ditawarkan, tetapi memutuskan untuk minum teh setelah ditanya.

Buat rencana yang sudah dibuat, rumusnya to be going to + infinitive verb atau present continuous + future time reference (digunakan jika rencana yang dibuat susah dirubah karena berhubungan dengan orang lain). Contohnya: “I’am going to fly to Riau”, kalimat tadi menunjukkan rencana masa depan, tapi mudah dirubah karena kita belum membeli tiketnya”. Sebaliknya: “I’am flying to Riau on 10th April”, kalimat ini juga menunjukkan rencana masa depan, tetapi susah dirubah karena kita sudah membeli tiket pesawatnya.

Jadi jangan lupa, jika membicarakan mengenai rencana masa depan kita, atau menanyakan rencana orang lain, kita harus menggunakan dua bentuk ini, going to + infinitive verb atau present continuous + future time.

Kesalahan Umum Dalam Grammar

Belajar di perpustakaan. Photo used under Creative Commons from Tulane Public Relations

One thought on “Kesalahan Umum Dalam Grammar

  1. rahmisriparwati August 26, 2015 / 16:58

    Tapi kebanyakan film holywood yang saya tonton, mereka menggunakan subject + will. Kenapa gitu yah ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s