Cara Menulis Nomor Bahasa Inggris

Saat ngomongin nomor dalam bahasa Inggris, ada banyak aturan dalam penulisannya dan ada juga beberapa versi berbeda cara benar menulis nomor dalam bahasa Inggris. Hal ini bisa membuat orang yang baru belajar bahasa Inggris menjadi bingung.

Karena itulah untuk menyederhanakan masalah, di sini saya berikan beberapa aturan yang harus diikuti untuk tetap konsisten dalam menulis bahasa Inggris.

Kita harus mengeja (satu, tiga, enam) atau menulis dengan huruf untuk angka satu digit. Maksudnya adalah angka dibawah 10:

“I want two apples”, “He needs eight stamps”

Untuk angka diatas sembilan, Kita harus menyingkatnya menjadi angka (1, 3, 6):

“She wants 12 copies of the report”, “The fisherman caught 10 fish”.

Catatan, dalam dunia tulis-menulis, terkadang nomor diatas 10 harus ditulis dengan huruf. Peraturan ini berlaku apabila bilangan tadi sebagai awal kalimat:

“Twenty soldiers marched to the front”, “Seventy-two athletes ran in the marathon”.

Catat juga bahwa dalam beberapa jenis tulisan, termasuk tulisan ilmiah atau makalah, penulisan nomor yang benar adalah dalam angka (1,3,10). Maksudnya supaya lebih teliti, karena tulisan jenis ini melambangkan informasi penting dan statistik.

Penting untuk tetap konsisten dengan penulisan nomor yang ada dalam satu kategori. Jika kita memutuskan untuk menuliskan dalam angka (1, 3, 14) karena salah satu nomor yang ada adalah diatas sembilan, maka kita harus menggunakan angka untuk semua nomor dalam kategori tersebut. Peraturan ini berlaku juga untuk nomor yang dieja (satu, tiga, enam), jika salah satu nomor adalah sembilan atau dibawahnya, maka kita harus mengeja atau menuliskan dalam huruf untuk semua nomor yang ada dalam kategori tersebut.

“He bought 11 apples and 5 oranges”, “She has three cats and ten rabbits as pets”. Kategori yang ada di sini adalah buah-buahan dan binatang.

Salah bila kita menuliskannya seperti ini: “She bought seven cakes and 12 buns” atau “He reads 20 books a month but only five magazines”.

Jika tulisan kita memiliki banyak kategori, maka untuk masing-masing kategori kita harus menuliskan nomor berupa ejaan saja (satu, tiga, enam) atau angka saja (1, 3, 6).

Cara Menulis Nomor Bahasa Inggris

Nomor keberuntungan. Photo used under Creative Commons from Mark Robinson

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s