Konsisten Dengan Tenses

Memilih tenses yang tepat adalah aspek penting dari menulis artikel bahasa Inggris. Tidak konsisten dalam menggunakan tenses merupakan masalah utama. Pelajarilah bagaimana caranya menggunakan tenses yang tepat dalam menulis sebuah artikel, hal ini akan membuat kita konsisten dalam menggunakan tenses. Berikut ini adalah enam tenses dasar yang ada. Dan cara untuk cepat mengerti mengenai tenses-tenses ini yaitu dengan melihat contohnya.

Simple present tense

Tenses ini adalah yang kita pakai saat ingin menunjukkan kejadian yang terjadi sekarang. Sebagai contoh, Saya akan memakai kalimat berikut ini untuk membuat para pembaca mengerti bahwa kejadian yang diceritakan sedang terjadi. “I step out onto the porch. The sun makes my eyes water, but I do not care. After days of rain, I relish the rays”. Perhatikan bahwa semua verb menunjukkan peristiwa yang sedang terjadi, saat present.

Present perfect tense

Saya tidak mengambil jurusan bahasa Inggris, jadi tidak tahu mengapa tenses ini menggunakan kata “perfect”. Tetapi tampaknya menambahkan apa yang disebut oleh guru bahasa Inggris “auxiliary verb” atau kata kerja bantu dapat membuat sebuah kalimat menjadi “perfect”. Dalam berlatih present perfect, kita akan mengenali auxiliary verb sebagai bentuk verb umum yang digunakan sehari-hari, contohnya is, are, was, were, be, being, been; can dan may; do; shall, sould; will, would; has, have, had.

Sebenarnya saya memasukkan present perfect ke dalam contoh sebelumnya. “I do not care”. Present perfect adalah tenses yang ingin kita gunakan saat ingin menunjukkan sesuatu peristiwa yang masih berlangsung, meskipun peristiwa tersebut telah berlangsung di masa lampau. “I have stopped onto the porch. The sun is making my eyes water”.

Simple past

Dengan past tense, kita bisa menunjukkan peristiwa yang sudah terjadi. Sangatlah umum untuk menambahkan “ed” di bagian akhir verb untuk mendapatkan kalimat simple past. “I stepped onto the porch. The sun made my eyes water, but I didn’t care”.

Past perfect

Mengapa kita memerlukan untuk membuat kalimat past perfect? Kita menggunakan past perfect untuk menunjukkan bahwa suatu peristiwa di masa lalu mengantarkan ke sebuah peristiwa lain. “I had stepped onto the porch. The sun had made my eyes water, but I had not cared”.

Kita juga bisa menggunakan past perfect untuk mengindikasikan bahwa suatu peristiwa telah selesai saat peristiwa lainnya terjadi. “I had stepped on the porch when the sun made my eyes water”. Hal ini akan memberikan

Future

Kita bisa menggunakan future tenses saat ingin menunjukkan sesuatu yang belum terjadi, tetapi kita mengharapkannya. “I will step on my porch. The sun will make my eyes water, but I will not care”.

Future perfect

Nah, tenses ini adalah yang paling unik menurut saya. Sangat jarang digunakan dalam sebuah tulisan. “I will have stepped on my porch. The sun will have made my eyes water, but I will not have cared”. Tenses ini eksis karena terkadang kita membutuhkannya. Sebagai contoh, “I will have stepped onto my porch 50 times by the end of the month”. Kalimat tadi menunjukkan bahwa saya mengharapkan sesuatu selesai pada suatu waktu di masa depan. Selain itu dalam kalimat tadi, saya juga mengambil sebuah kesimpulan.

Semua tips diatas mungkin kurang membantu anda seperti yang diharapkan. Kalau begitu berikut ini saya berikan beberapa tips tambahan mengenai menulis memakai tenses yang baik.

  • Saat kita menulis, tetaplah memakai penggunaan waktu yang sama, apakah itu past, present, atau future.
  • Jangan pernah berpindah-pindah dalam penggunaan tenses dalam satu paragraf, dari past ke present, present ke future, future ke present, present ke past atau future ke past.
  • Yang lebih baik adalah tetap memakai satu tenses di seluruh artikel karena dibutuhkan skill untuk berpindah dari tenses satu ke tenses yang lainnya dalam sebuah artikel atau essay.
  • Jika berpindah tenses diantara paragraf, tetaplah menggunakan tenses yang terakhir. Kembali ke tenses yang lama akan menjadikan tulisan kita tidak konsisten.

Konsisten dengan tenses yang digunakan sangatlah penting untuk membangun gaya menulis kita. Kuasai, dan kita akan bisa memberikan kesan yang kuat dalam setiap tulisan yang ditulis.

Konsisten Dengan Tenses

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s