7 Penggunaan Grammar yang Salah

Saat menulis, sangatlah penting untuk menggunakan grammar yang benar. Pemakaian grammar yang salah itu rasanya seperti jerawat yang susah diobati, memalukan. Sebetulnya ada banyak kesalahan pemakaian grammar yang bisa dihindari apabila kita bisa mengidentifikasikan kesalahan-kesalahan ini. Berikut ini adalah 7 kesalahan umum pemakaian grammar yang seharusnya tidak kita lakukakan.

Kesalahan 1, Pemakaian subyek verb
Gunakan bentuk singular dan plural verb secara benar

Salah: One of these shirts are mine
Benar: One of these shirts is mine

Salah: These plans is wrong
Benar: These plans are wrong

Kesalahan 2, It’s dan bukan Its

Kesalahan lainnya dari pemakaian grammar adalah penggunaan It’s dan bukan Its atau sebaliknya. It’s adalah kependekan dari it is atau it has. Sedangkan Its adalah possessive pronoun atau kata ganti milik seperti dalam “My cat has a mind of its own”. Saat kita ragu, ucapkan kalimat kita dengan keras dan gantilah pronoun dengan sebaliknya, jika terdengar salah, maka Its adalah kata yang ingin kita gunakan.

Salah: The cat licked it’s kittens
Benar: The cat licked its kittens

Kesalahan 3, Membuat kesalahan dalam penggunaan past tense

Saat menggunakan past tense, pastikan bahwa regular verb atau kata kerja normal berakhiran “ed” (liked, asked). Tapi sebaliknya, Irregular verb atau kata kerja tak beraturan memiliki bentuk past yang berbeda (teach menjadi taught, say menjadi said).

Salah: She smile at me
Benar: She smiled at me

Salah: The lake is freeze
benar: The lake is frozen

Kesalahan 4, You’re bukan your

Kesalahan ini terkadang dilakukan saat kita terburu-buru dalam menulis. Your adalah possessive pronoun yang menandakan kepemilikan, seperti pada your house atau your article. Sedangkan You’re merupakan kependekan dari you are, seperti dalam You’re a good writer atau kamu adalah penulis yang keren.

berhati-hatilah dan cek kembali pengunaan kalimat kita, jangan sampai tertukar antara You’re dan your.

Salah: Don’t forget to do you’re homework.
benar: Don’t forget to do your homework.

Kesalahan 5, Sentense fragment

Sebuah sentence fragment atau kalimat yang tidak dilengkapi sebuah subyek ataupun verb tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat. Tidak ada kalimat jenis ini.

Salah: The apple tree in our orchard
Benar: The apple tree in our orchard is rotten

Kesalahan 6, i.e. dan e.g.

Keduanya i.e. dan e.g. biasanya sering salah dalam penggunaannya dan juga tertukar satu sama lain. Saat kita ingin mengatakan “for example” seharusnya memakai e.g. (example gratia). Sementara itu i.e. (id est) digunakan sebagai ganti “That is”, “that means”, dan “which means”, atau “in other words”. Kedua kata ini sebetulnya berasal dari bahasa latin. Bisa sangat memusingkan bila kita tidak tau penggunaannya. Hapalkanlah bahwa e.g. digunakan untuk sebagai ganti “example given” sementara i.e. berarti “in effect”. Lebih jauh, jangan tambahkan etc pada akhir daftar dari e.g., karena hal ini akan menjadi berlebihan. Keduanya i.e. dan e.g. seharusnya diikuti oleh koma.

Salah: Check your dog’s breed (i.e., border collie)
Benar: Check your dog’s breed (e.g., border collie)

Kesalahan 7, Perubahan tenses

Tetaplah konsisten dalam pemakaian verb. jangan tiba-tiba berubah dari past tense ke present tense lalu balik lagi jika kita tidak punya alasan yang kuat untuk melakukannya.

Salah: Santy baked a pie and I eat it
benar: Santy baked a pie and I ate it

Dengan berlatih, grammar akan menjadi mudah. Saat kita menulis, pastikan untuk memeriksa kembali setiap yang kita tulis. Saat kita ragu, mintalah seseorang untuk membaca tulisan kita. Lebih baik kita terlihat konyol oleh satu orang daripada kesalahan kita diketahui oleh seluruh dunia.

7 Penggunaan Grammar yang Salah

Sibuk belajar, Photo used under Creative Commons from John Benson

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s