Perbedaan Simple Past dan Past Perfect

Jika anda baru saja mempelajari bahasa Inggris atau sedang mempelajari tentang grammar tentunya anda akan bingung dengan perbedaan antara simple past tense dan past perfect. Keduanya mengindikasikan kejadian yang telah selesai, tetapi terdapat perbedaan dalam struktur dan arti kalimatnya. Simple past tense dikenal juga dengan preterite tense mengisyaratkan peristiwa yang telah terjadi pada suatu waktu. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membedakan kalimat simple past dan past perfect.

1. Carilah kata “had” di kalimat. Jika kata “had” diikuti oleh oleh verb, maka kalimat tersebut adalah past perfect. Sebuah contoh, “By the time I got there, he had left the house”.

2. Bacalah kalimat dan pastikan apakah kalimat tersebut merujuk kepada peristiwa tunggal yang diawali dan diakhiri pada masa lampau. Sebagai contoh, “I went to the store yesterday”. maka kalimat ini termasuk simple past tense.

3. Carilah kata “before” atau “after” dalam kalimat. Kalimat-kalimat yang mengandung kata-kata ini biasanya adalah past perfect. Seperti contoh, “Before I got there, they had started eating”

4. Bacalah kalimat yang ingin dikenali dan tanyakan kepada diri sendiri apakah kalimat ini menggambarkan suatu peristiwa sebelum peristiwa lain terjadi pada masa lampau. Nah, jenis kalimat ini adalah past perfect. Contohnya: “We had been stranded for two days before he arrived”.

Perbedaan Simple Past dan Past Perfect

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s