Cara Menulis Cerita Bahasa Inggris Bentuk Lampau

Menulis cerita adalah kegiatan yang sangat menarik karena dapat memberikan pembaca pengalaman dan kenikmatan akan tulisan yang ditulis. Jika anda ingin menulis sebuah cerita mengenai pengalaman atau hal yang sudah terjadi setahun lalu, pastinya anda ingin menulisnya dalam bentuk past tense. Menulis dalam bentuk past tense dapat memberitahukan pembaca bahwa cerita kita bersetting pada masa lampau. Baik itu menulis fiksi maupun fakta bisa dilakukan dengan memfokuskan perhatian ke kata kerja atau verbs. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat sebuah artikel dalam bentuk past tense.

1. Buatlah alur tulisan sebelum kita mulai mengetikkan cerita kita. Selain itu buat juga catatan mengenai hal-hal berikut: setting, karakter, konflik, dan resolusi.

2. Mulailah cerita kita dengan eksposisi: sebuah pengenalan terhadap karakter-karakter dan setting. Pilihlah frase waktu saat cerita kita berlangsung. Sebagai contoh: “Once upon a time”, Many years ago” atau “Back when I was a child” adalah frase-frase yang memberitahu pembaca bahwa cerita selanjutnya tejadi pada masa lampau.

3. Kembangkan cerita kita dengan memberikan peristiwa-peristiwa yang berlangsung dan dan detail-detail yang akan meningkatkan nilai dari cerita. Meningkatnya ketegangan dalam sebuah cerita termasuk didalamnya adalah semua peristiwa yang membentuk konflik-konflik cerita. Semua peristiwa dan detail ini haruslah dalam bentuk past tense. Sebagai contoh, gunakan verb seperti went, said, fought, loved, dan wanted. Bentuk regular past tense verb biasanya selalu berakhiran “ed”, sementara irregular verb atau kata kerja tak beraturan tidak berakhiran “ed”.

4. Gunakan ekspresi waktu dalam cerita kita. Frase seperti “back then”, “yesterday”, “at that time”, dan “in those day” mengingatkan pembaca bahwa cerita kita terjadi di masa lalu.

5. Tulislah peristiwa klimaks menggunakan kata kerja dalam past tense.

6. Tulislah pertistiwa antiklimaks menggunakan verb dalam past tense. Kesudahan dan resolusi konflik juga harus ditulis dalam bentuk past tense.

7. Edit cerita yang sudah utuh dan pastikan semua verb ditulis dalam bentuk past tense.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s